Jatuh Cinta di S.E.A. Aquarium

Kecintaan gua dan pacar akan dunia satwa membawa kami ke The Marine Life Park’s S.E.A. Aquarium, Resort World Sentosa, saat traveling ke Singapura bulan Januari lalu.

Ketidakmampuan untuk berenang dan ketakutan akan tenggelam, membuat berkunjung ke aquarium seperti ini menjadi satu-satunya jalan bagi gua untuk tetap bisa menikmati dunia bawah laut. Apalagi jika aquarium yang gua kunjungin adalah aquarium terbesar di dunia!

Iya, sejak dibuka, S.E.A. Aquarium (South East Asia Aquarium) diakui sebagai aquarium terbesar di dunia oleh Guiness Book of Record. Terbagi ke dalam 10 zona, ada lebih dari 100,000 hewan laut dari 800 lebih spesies yang hidup di dalam 42.8 juta liter air. Aquarium ini juga telah menjadi rumah bagi 200 ikan hiu, termasuk hammerhead shark, dan yang paling unik, giant manta ray.

Untuk ke S.E.A. Aquarium, kita masuk melalui sebuah pintu besar yang akan mengarahkan kita ke The Maritime Experiential Museum. Museum ini berisi perjalanan seorang utusan kaisar Cina yang ingin menunjukkan kehebatan bangsa Cina ke bangsa-bangsa lain. Utusan itu dibekali sebuah kapal yang luar biasa besar dan diisi dengan berbagai macam barang hasil buatan bangsa Cina, seperti guci, sutra, barang KW super, handphone Huawei, dan lain-lain.

Iya, yang 2 terakhir itu becanda kok. Lanjut ya? Yuk.

Di sepanjang perjalanan, utusan Cina tadi menukarkan barang bawaannya dengan hasil khas negara yang dikunjungin, termasuk Singapura dan Indonesia. Dan museum ini merangkum kisah perjalanan tadi dengan menarik dan ga membosankan.

Selepas dari museum, gua menuju Typhoon Theater. Sebelum masuk ke teater, pengunjung disuguhkan sebuah cerita tentang utusan kaisar yang akan mengantarkan hadiah untuk raja negara sahabat. Diceritakan, penasehatnya bilang kalo cuaca lagi ga bagus, yang bisa menyebabkan kapal tengelam dan badan masuk angin. Tapi karena kalo ga berangkat ga bakal ada cerita, maka berangkatlah utusan tersebut beserta awak kapal pilihannya.

Selesai nonton cerita pengantar, masuklah kita bertiga ke dalam teater. Yang unik, teaternya berbentuk lingkaran penuh yang memberi efek 3 dimensi tanpa perlu pakai kacamata. Namun, saat di teater, gua terus berpikir, “Ini mana aquariumnya? Kok malah museum dan nonton?”

Jawaban atas pertanyaan tadi datang ga lama setelah film selesai. Diceritakan, kapal utusan kaisar kalah oleh alam dan tenggelam ke dasar lautan. Begitu pintu teater dibuka, mata gua langsung dihadapkan dengan selasar yang di ujungnya terdapat sebuah panel panjang yang biru banget. Membuat mata begitu teduh dan kaki ingin segera berlari mendekati.

panel kapal

panel kapal 2

Di dalam panel ini, ada bangkai kapal dan hadiah untuk raja negara sahabat yang diceritakan dalam teater tadi. Ini jadi seperti sambungan dan membuat kita seolah-olah ikut tenggelam dan merasakan apa yang utusan kaisar alami.

Jika The Maritime Experiential Museum memberikan kita pengalaman di atas kapal, maka Typhoon Theater menjadi jembatan agar kita bisa “tenggelam” dan merasakan sensasi dunia bawah laut di S.E.A. Aquarium. Sebuah konsep yang sangat menarik.

Namun sesungguhnya sulit untuk menceritakan detail demi detail perjalanan gua di S.E.A. Aquarium lewat kata-kata. Maka, ada baiknya gua mengikuti pepatah yang mengatakan: “a picture is worth a thousand words”.

Jadi, selamat menikmati gambar-gambar yang gua ambil selama di S.E.A. Aquarium, Resort World Sentosa. Semoga ini bisa mewakili perasaan gua saat berkelana di sana. Enjoy.

sea jelly

Sea Jelly yang bisa memantulkan warna lampu latar. Lucuk.

colourful fish

Air di setiap panelnya jernih banget. Kita jadi bisa liat sampai ke dinding aquarium paling dalam. Dan tentunya, makin bisa menikmati warna-warni dari ikan dan koral. Ciamik.

big panel

Ini dia panel favorit gua! Panel yang berada tepat di tengah perjalanan menyusuri S.E.A. Aquarium. Panel ini gede banget dan tercatat di Guiness Book of Record sebagai viewing panel terbesar di dunia dengan panjang 36 meter dan tinggi 8.3 meter. Itu sama dengan 3 bus tingkat yang ditumpuk 2 susun!

giant manta ray

Giant manta ray! Bukan, giant manta ray-nya bukan yang pake topi dan berperut tambun. Itu gua.

multi view panel

Di belakang dari panel besar tadi, ada ruang yang memungkinkan kita untuk melihat ikan-ikan dari berbagai sisi.

shark sea

Section terakhir S.E.A. Aquarium: Shark Sea!

shark

Another great view. Bawaannya jadi pengen ngelitikin si hiu.

Setelah berkeliling selama kurang lebih 3 jam, gua memutuskan untuk menyudahi perjalanan di S.E.A. Aquarium. Perut yang udah keroncongan membawa kaki gua melangkah ke pintu keluar. Saat kaki berada di luar area S.E.A. Aquarium, gua menengok ke belakang dan bergumam kecil di dalam hati:

“My S$38 is well spent!”

About these ads

Tagged: , , , , , , , , , ,

7 thoughts on “Jatuh Cinta di S.E.A. Aquarium

  1. kevinchoc March 11, 2014 at 11:56 Reply

    Gila, ngeliat hiu sedeket itu..

    Gue cuman pernah ngeliat dari TV. ( ‘-’)/

    • Roy Saputra March 12, 2014 at 11:35 Reply

      sea world aja dulu kalo gitu, Vin :))

      • kevinchoc March 15, 2014 at 01:42 Reply

        Sea World udah pernah sih, tapi pas TK. Nggak inget apa-apa lagi wahahaha

  2. Dwi Kresnoadii March 12, 2014 at 12:39 Reply

    Itu ngga ada perasaan ngeri-ngeri gimana gitu roy? perasaan takut-takut kalo kacanya bakal pecah atau yang lain? gue aja serem. Hahaha

  3. kaprilyanto March 12, 2014 at 15:57 Reply

    Wagh pengen juga :(

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 338 other followers

%d bloggers like this: