Masihkah Kau Ingat Sayang

(Iis Sugiarto mode: On)

Masihkah kau ingat, sayang…

Ya, barusan adalah sepenggal lirik lagu milik Iis Sugiarto… eh, ini penyanyi apa pemain bulutangkis ya?

Anyway, yang idup di jaman 90an, masihkah kamu ingat barang-barang ini?

1. Permen karet Yosan

yosan gum

gambar diambil dari sini

Permen karet merek Yosan ini sering banget gua beli waktu SD. Selain karena murah (cepek dapet 3 kalo ga salah), itu karena ada iming-iming hadiahnya. Katanya, kalo kita berhasil ngumpulin huruf Y, O, S, A, ama N, kita bisa dapet hadiah… hm, hadiahnya apa ya? Honda Jazz kalo ga salah. Wedeeeh, boong bener. Cepek dapet 3 aja mau Honda Jazz. Ngimpi kali ye.

Dengan hasrat ingin memenangkan hadiahnya, gua pun beli permen Yosan ampe segambreng. Tapi, udah makan permen Yosan sampe bibir gua pada pink juga ga dapet-dapet huruf N-nya. Lupa nyetak kali ye? Mungkin begini kronologisnya.

PP (Pimpinan Pabrik): Hai, anak buah! Apakah kita sudah produksi huruf Y?
AAB (Anak-anak Buah): (serempak) Sudah!
PP: Huruf O?
AAB: (serempak) Sudah!
PP: Huruf S?
AAB: (serempak) Sudah!
PP: Huruf A?
AAB: (serempak) Sudah!
PP: Ya sudah kalo gitu, kita pulang.
AAB: (serempak) Sudah! Lho kok yang huruf N ga ditanya?

Atau, malah jangan-jangan, selama ini gua salah kaprah. Kita bukan diminta buat nyusun kata YOSAN, tapi… ASOY.

2. Wafer Superman

Tau donk wafer superman? Wafer coklat dengan gambar… ya, gambar Superman lah ya. Namanya juga wafer Superman. Tiap kali gua abis makan wafer ini, tangan gua langsung bergaya bak Superman dan terbang keliling lapangan.

Cuman kalo Superman kalah sama batu kriptonit, kalo gua kalahnya ama batu Ponari.

3. Gembot abang-abang Gulali

gembot koboy

Hayo, yang anak 90an, siapa yang ga pernah maen ginian? Gua jamin semua pasti pernah maen yang namanya gembot koboy.

Kalo pun ga punya, kita bisa sewa ama abang-abang gulali yang lewat sore-sore. Biasanya, gembotnya bakal diiket pake tali trus disambungin ke gerobaknya. Biar ga bisa dibawa lari.

Itu jaman dulu. Mungkin di jaman sekarang, biar ga dibawa lari, abang gulali akan memperlengkapi gembotnya dengan detektor jarak. Kalo gembotnya dibawa keluar dari radius 5 meter, gembotnya bakal meledak.

Tuuuuut… Tuuut… Tuut… Tuut! Tut! TUT! DUAAAAR!

Gembot dan anak yang mau bawa kabur hancur berkeping-keping.

Efektif sekali bukan?

Kalo beneran ada yang kayak gini, gua bakal nanya ke abang gulalinya: Bang, selain gulali jual apa lagi? Granat batangan ada?

Semakin ke sini, gembot semakin oke. Banyak jenisnya dan malah bisa ngomong.

“Boleh juga lo.”
“Pinter juga ya.”

Gua suka senyum-senyum sendiri kalo pas bagian itu. Mungkin di sinilah bibit narsis itu mulai tumbuh. Tapi, kalo bagian…

“Bego lo.”
“Bego lo.”
“Bego lo.”

BLETAK!

Sebuah gembot terlempar dengan naas.

4. Sinetron Si Manis Jembatan Ancol

Sinetron ini ngetop banget dulu. Pemerannya ganti-gantian. Kadang Diah Permatasari, Kiki Fatmala, atau Mpok Nori. Yang seksi-seksi gitu deh.

Ceritanya seputar setan baik hati (kayak Casper) yang suka nolongin orang-orang yang mati penasaran. Biasanya mati penasaran gara-gara diperkosa atau ditusuk ama rampok. Trus si Manis balesin dendam si korban. Biasanya pas mau matiin si rampok, si Manis suka ngasih petuah-petuah.

“Jangan rampok ya. Dosa.” Trus ditusuk aja gitu jantungnya.

Atau,

“Jangan perkosa ya. Haram.” Matanya dicolok.
“Jangan bunuh ya. Jijay.” Rambutnya dijambak.

Gile. Petuah-petuahnya bagus ya. Besok-besok, suruh si Manis bikin acara aja: Golden Ways with Si Manis. Biar kayak Mario Teguh.

Ngomong-ngomong soal Kiki Fatmala, apa kabarnya kasus dia dengan Bang Ipul? Yang katanya Bang Ipul mijit-mijit bagian tertentu dari tubuhnya. Pas ditanya ama infotainment, si Kiki menjawab begini:

“Dua puluh tahun saya main film, belum pernah saya dilecehkan seperti ini. Dua puluh tahun! DUA PULUH TAHUUUN!”

Hm, kok jadi mirip emaknya ya?

fatma-farida

“Dua puluh tahun! DUA PULUH TAHUUUUUN!”

Like mother, like daughter ^^

NB: Jangan lupa beli buku Doroymon dan ikutan kuisnya. Info lebih lanjut, klik aja banner di side bar blog ini.

Advertisements

27 thoughts on “Masihkah Kau Ingat Sayang

  1. KiMi March 20, 2009 at 10:59 Reply

    Hahahaha… Iyaaaa… Dulu gue suka banget sama wafer Superman itu. Masih ada gak sih sekarang?

  2. Hanifah March 20, 2009 at 11:02 Reply

    Halo, salam kenal. Gw anak TI 2005 ITB. I know u from IECOM, hehe. masih inget kan iecom? Baca blog lo bikin menghibur hati.. saya dukung utk terus bikin blog2 lucu.. Udah beli buku yg pertama dari sejak 6 bln yg lalu, jadi tertarik utk beli yg kedua nih… dijamin gak rugi kan?? hoho

  3. fanny March 20, 2009 at 11:31 Reply

    wah, masih inget masa lalu ya? aku sih dah lupa sama permen yosan, dll.
    cuma inget main bola bekel dan congklak aja.

  4. desty March 20, 2009 at 16:49 Reply

    sampai sekarang masih suka makan wafer superman
    hanya kok rasanya wafernya makin kecil ya ukurannya? (atau badan gw aja yg makin besar)

  5. denyarelektrik March 20, 2009 at 20:27 Reply

    bener! saya beli permen karet yosan gak pernah dapet huruf N. jangan2 mereka bikin perman karet merk soya.

  6. keepersumy March 20, 2009 at 20:42 Reply

    wah dari jama SD sampai sekarang gw masih suka sama waver superman, dan kalo makan tuh wafer rasanya kembali ke bandel bandelnya jaman SD dulu… hohohoho

    ohiya tapi kemasan dan isi dari waver superman agak sedikit berubah, yang dahulunya cuman warna orange doang sekarang pake motif warna putih, dan dari segi isi kok jadi kecil yak? apa gw sekarang yang jadi tambah gede yah? hohoho

  7. The Armstrong March 20, 2009 at 20:44 Reply

    yang keepers umy itu komeng dari postingan ini… hehehe… tadi belom gw log out… :D

  8. The Armstrong March 20, 2009 at 20:46 Reply

    wah dari jama SD sampai sekarang gw masih suka sama waver superman, dan kalo makan tuh wafer rasanya kembali ke bandel bandelnya jaman SD dulu… hohohoho

    ohiya tapi kemasan dan isi dari waver superman agak sedikit berubah, yang dahulunya cuman warna orange doang sekarang pake motif warna putih, dan dari segi isi kok jadi kecil yak? apa gw sekarang yang jadi tambah gede yah? hohoho

  9. priscillamu March 20, 2009 at 22:59 Reply

    gw idola bgt tuh sama yang no 1-3.
    dari gambot, wafer, sama permen yosan hehehe..
    BTW gambot itu hampir terlupakan dari memori otak gw, untung lo ingetin kembali, Roy =P hehehe..

  10. muni March 21, 2009 at 13:58 Reply

    gw suka tuh main gamebotnya itu. hahahaah. :) waktu kecil juga suka beli permen karet. so old banget. hahahha

  11. Biolog March 22, 2009 at 08:27 Reply

    hahhahahahanya, pastinya sampe sekarang gue masih pengen acara si Manis diputar ulang lagi…. seksi sih hantunya. Namanya juga si manis…

    Btw, bro…balas email gue dong yang beberapa hari lalu…

  12. agi March 22, 2009 at 13:13 Reply

    uhahaha….gw masi ada nih gimbotnya yg bisa ngomong…
    keren bgt deh suaranya kyak anak2 gaol sekarang ini…

    “Boleh juga lo.”
    “Pinter juga ya.”
    “Bego lo.”

  13. Abie March 22, 2009 at 16:52 Reply

    wah..gue enggak bakal lupa ama YOSAN gum..
    permen karet legendaris…

    tp klo ngunyahnya kebanyakan, tuh permen karet bisa jadi bubur..

    hahah

  14. ajenk March 22, 2009 at 16:56 Reply

    dua puluh tahuuunnn…! sudah…!

    gak nemu lagi dimana game koboy itu tersimpan huehehe…

    kalo wafer superman sih masih suka makan ampe sekarang..

  15. zee March 23, 2009 at 10:32 Reply

    wakaakaka… aduh itu mamanya kiki fatmala bikin gw lgsg jantungan. terbayang suara seraknya yg marah2 di tv.. ck ck ck… **alhamdulillah mami saya gak kayak gt.

    wah saya jd inget gamewatch saya yg model gituan, yg ikan-ikan gt kekeke..

  16. Jovie March 23, 2009 at 14:15 Reply

    iya iya inget…aku juga ngumpulin tuh YOSA–N nya gak dapet2….

    and then tentang Gembot itu..haha “bego lo” untung aku gak pernah beli yang ada suaranya…nanti malah yang keluar itu terus…

  17. deni oktora March 23, 2009 at 17:37 Reply

    ha-ha-ha-ha-ha permen karet yosan !! masa SD gw juga tuh…

    http://www.denioktora.com

  18. yoan March 24, 2009 at 17:45 Reply

    wah permen karet Yosan….

    gw ngumpul2in kagak pernah dapet hurup Y tau… hiks…

    itu wafer superman mah masi ada sekarang…
    gw jg masi sering makan. sekarang gopek-an…

    gimbot koboi…
    oohhh… nostalgila banget yaa…

    en for ibunya kiki fatmala,,,
    no komen deh…
    huehehehe *gw dah ketawa aja inget dia di inpotenmen*

  19. putrii March 24, 2009 at 17:52 Reply

    yay! selamat selamat selamaaaatt yang bukunya udah terbit! moga laris yaaahh!! kirimin satu dong buat sini… lagi cekak nih mau belinya… huhuuhuuu T__T

  20. sofia. March 25, 2009 at 17:27 Reply

    huh? gembot koboy. uwahhhh. kangen bgddd nichh.
    hehe. gw jg suka main game yg itu wktu kecil dlu :)

    oh ya. mksih da mmpir blog gw ya. slm knl jg. blog lo keren. tar gw follow okie? :)

  21. pondokhati March 26, 2009 at 15:22 Reply

    waduh, mas Roy. Barang-barang Jadul. Masih inget banget, nyari2 huruf ‘N’ gak dapet2. Kalo wafer Supermen masih ada tuh, cuma beda casing sekarang. hahaha. Maen gimbot koboy, minjem aje dari temen, jarang nyewa. jembatan ancol jarang nonton. Harusnya masih ada lagi barang laen, kayak coklat cap ‘jago’.

  22. ea March 30, 2009 at 12:42 Reply

    iyah sepakat cokelat cap ayam jago huhuhuhu sama gulali, sm apa lagi yah

  23. ihwan March 31, 2009 at 20:38 Reply

    wah, rame ya blognya he3.

    jangan2 emang bener, huruf N -nya ga pernah dicetak he3

  24. andi April 4, 2009 at 16:56 Reply

    Wah… Situs yang menarik dan cukup OK artikel nya..
    Boleh dong.. kunjungi website saya di situs http://www.mesinuangku.com , Dijamin pasti akan mengejutkan Anda .. !

  25. anungcamui April 18, 2009 at 14:14 Reply

    wahahahahaha, jadi inget suka ribut ma tukang gembot gara² gw main ga berhenti² karena menang mulu, and ampe kaki keram, wkwkwkwk

  26. raka April 25, 2009 at 20:38 Reply

    hahaha … gw paling demen klo km bahas hal2 yg menyangkut 80-an ama 90-an! rasanya kenangan banget roy! hehehe
    thanx krn sudah membuatku tertawa lg mengingat kenangan2 itu … ^ ^

  27. Dadan Purnama August 27, 2010 at 14:20 Reply

    hmm saya dapat huruf N yosan loh
    mau lihat???
    http://dadanpurnama.blogspot.com/2010/03/dapat-huruf-n-yosan.html

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: