Interpiu #1

Cekidot (baca: check it out)

buletin TI

Gara-gara gua menulis tentang kehidupan kuliah gua di TI UI, maka dengan baik hati para junior gua memasukkan profil gua ke dalam sebuah buletin bulanan. Ga hanya profil, mereka pun mewawancarai gua.

Berikut potongan dari buletin itu.

———

Data diri:

Nama lengkap: Roy Saputra
Panggilan: Roy / Doroymon / Kalo dipanggil “Maling!” kadang juga suka nengok kok meski diikuti dengan aktivitas berlari yang cepat.
TTL: 14 September 1985
Hobi: Musik, Olahraga, Buku
Moto hidup: To be or not to be (Shakespare), kalo ga noda ya ga belajar (Rinso).
Kata-kata favorit: Gua rasa cukup sampai di sini (ini antara keseringan mutusin cewek… atau keseringan pulang nebeng temen)

“Siapa sih yang ga tau Roy Saputra, senior kita di TI UI tahun 2003 lalu? Jelas kita semua sering denger tentang sosok pria ini, ditambah lagi kakak kita ini baru aja ngeluarin buku keduanya yang berjudul Doroymon. Serunya lagi, buku ini ceritain kehidupan sang penulis selama kuliah di TI UI dulu. Dan untuk lebih lanjutnya, berikut adalah tanya jawab singkat dengan Roy Saputra seputar buku keduanya…”

Hai Roy,, certain tentang kegiatan lo sekarang ini dong ngapain aja

Hai juga. Kalo pagi sampe sore, kesibukan gua adalah menjadi pegawai kantoran biasa. Kalo malem suka nulis dikit-dikit. Tapi kalo lagi ga nulis, malem-malem gua suka menumpas kejahatan (halah)

Denger-denger lo sekarang ini udah mulai bikin-bikin buku ya? Gimana ceritanya sih bisa ampe nulis novel dan naik ke percetakan?

Denger-denger sih gitu. Ceritanya? Jadi begini. Pada suatu hari… oke, let’s skip the intro.

Awalnya sih dari hobi nulis aja. Dari awal-awal kuliah, gua udah mulai nyoba masukin naskah ke beberapa penerbit, tapi selalu ditolak. Sampe dua taon lalu, gua nulis lagi dengan ide baru yang gua rasa seru juga buat dijadiin buku. Pas udah jadi, nyoba masukin ke beberapa penerbit lagi. Eh, ga taunya kali ini keterima. Setelah melalui proses yang panjang dan berliku, akhirnya berhasil juga bukunya masuk ke pasaran.

Ada yang bilang buku kedua lo ini cerita tentang kehidupan lo selama di Teknik Industri ya? Ada alasan tertentu ga? Ga takut jadi terbatas pembacanya?

Iya, buku kedua gua yang berjudul Doroymon ini (udah pada beli belom?) bercerita tentang empat tahun kehidupan gua selama di TI UI. Ada tiga alasan kenapa gua nulis buku tentang ini. Satu, karena tema buku jurnal pribadi kayak gini lagi booming di pasaran. Dua, karena selama empat tahun itu gua mengalami banyak banget cerita yang rasanya sayang banget kalo ga dibagi ke orang banyak. Tiga, buku ini sebagai hadiah buat temen-temen TI UI 2003.

Masalah pembacanya terbatas atau ga, menurut gua itu tergantung teknik menulis dan cara penyampaiannya aja. Seberapa detail lo bisa menceritakan sehingga orang di luar TI UI juga bisa ikut membayangkan suasananya. Gua juga pilah-pilih cerita mana aja yang gua masukin ke dalam buku untuk menghindari kesan ‘lokal’-nya.

———

Dan masih ada pertanyaan-pertanyaan lain. Kalo mau tau lebih lanjut, save image yang di atas trus di zoom-zoom deh. ^^

Masih soal buku Doroymon, gua mau posting sebuah email yang masuk.

Email dari Magrid

Buku yang bagus banget. Iri dech dengan kekompakan anak-anak TI UI 03, hehe.

Aku kuliah di Atma Jaya Jogja fakultas ekonomi akuntansi angkatan 05. Angkatanku ada 300-an anak, bayangin aja tuch, gimana bisa kompak satu angkatan, hehe.

Abis baca buku ini buat aku kangen banget ama temen-temen kuliahku yg udah jarang banget ketemu lagi karena masing-masing sibuk kuliah, KKN, ama skripsi.

Pengen lagi jalan bareng, nongkrong bareng, gosip bareng, dan tentunya belajar bareng dunk. Aku jadi berniat untuk bener-bener manfaatin waktuku yg udah ga lama lagi di kampus ini. Karena suatu saat nanti aku bakalan kangen banget ama kampus ini, ama anak-anaknya, ama dosen-dosennya, dll dech. Baca buku ini menyadarkanku bahwa setiap kejadian dalam kehidupanku akan mempunyai kenangan manis tersendiri di 5 atau 10 tahun yg akan datang ^_^

Sukses yach buat kamu. Gbu ^_^

Nb: ditunggu buku berikutnya, hehe..

Makasiiiiiiiii ya, Magrid!

Kalo soal kekompakan dalam jumlah yang besar itu emang lebih sulit kalo dibandingin jumlah yang lebih kecil. Tapi, kalo ada niat pasti ada jalan. Sukses juga buat kamu yach, Grid!

Oiya, kali ini buku Doroymon direview lagi oleh kimi. Gua suka banget sama review yang ini. Berikut sepenggal review-an dari kimi.

“…membuat saya seperti naik roller coaster. Terkadang saya terkikik geli, senyum dikulum, atau tertawa lepas. Terkadang pula saya meringis, terharu, bahkan nyaris menangis di depan ramai orang.”

Makasiiiiiii ya, Kim! ^^

Advertisements

Tagged: , ,

7 thoughts on “Interpiu #1

  1. apit April 27, 2009 at 11:26 Reply

    beli bukunyah ah.. :D

  2. KiMi April 27, 2009 at 12:18 Reply

    You’re welcome, Roy. Makasih juga (lewat buku) lo udah membuat bete gue jumat malam kemarin ilang. :)

    Thanks udah mengingatkan ada yang jauh lebih penting daripada bermuram durja karena…tiiiit… *sensor* hakhakhakhakhak…

    Yah pokoknya, ditunggu buku2 berikutnya! Eh btw, minta tanda tangan dong, roy!! *sambil nyodorin “Doroymon”*

  3. ettachan April 27, 2009 at 14:59 Reply

    wehehehe. makin laris aja roy. ini interpiu pertama? ditunggu yang kedua. haha

  4. Musang April 27, 2009 at 15:34 Reply

    Waaah, asoy nih di wawancara….
    Mudah”an entar u bisa di wawancara di Majalah Trubus deh…
    wakakakakakak…

    Eh tukeran link nyok??

  5. ichanx April 28, 2009 at 23:38 Reply

    skrinsut bukunya mana? *berniat ke gramedia*

  6. niZ mochpaded May 1, 2009 at 11:53 Reply

    bkunyah roy yang pertama judulnyah apah c?

  7. roy saputra May 1, 2009 at 12:59 Reply

    @ ichanx: gambar bukunya ada di sidebar samping, chanx.

    @ niz mochpaded: judulnya The Maling of Kolor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: