Si Roy Pergi ke Medan

medan, 21 - 25 mei 2009

Kamu bisa mengganti Roy dengan Sarimin dan Medan dengan pasar, untuk mendapatkan sebuah phrase yang sangat terkenal itu.

Anyway,

Tanggal 21-25 Mei kemarin gua melakukan a-getaway-from-routinity ke Medan, Sumatra Utara. Semua itu gara-gara Bondan Prakoso Winarno dan acaranya yang bernama si lumba-lumba Wisata Kuliner.

Gua jadi ngidam pengen wisata kuliner ke Medan. Dan postingan kali ini akan bercerita tentang ngidam yang kesampean itu.

Wisata Kuliner di Medan

Hari pertama, begitu mendarat gua langsung menuju ke Kwetiau Ateng (jalan Sumatra). Kwetiau di sana beda sama yang di Jakarta. Lebih lebar tapi lebih pendek. Udah gitu masaknya pake arang. Rasanya… ANJRIT ENAK BANGET.

Biar makin mantap, gua pesen minum dua sekaligus. Jus terong belanda ama jeruk kitna. Rasanya asem-asem gimanaaa gitu. Tapi seger sih.

(baru mosting hari pertama aja, gua udah ngiler)

Abis makan kwetiau, gua menuju daerah Kampung Keling karena konon katanya sakitnya karena di guna-guna… hmmm, fokus Roy. Karena konon katanya di sana banyak yang jual makanan India.

Di sana gua makan roti cane. Ya, rasanya lumayan lah. Baru keluar dari satu warung makan India, gua langsung menengok ke warung sebelah dan menemukan bahwa di sana menjual makanan dengan nama yang cukup aneh. Mie balap dan es koteng.

Kalo di Jakarta adanya SEkoteng, maka di Medan adanya ESkoteng. Dan rasanya, sumpah, tak terdeskripsikan. Mie balapnya ternyata membuat gua dan temen gua balapan minum aer. PEDES BANGET.

Demi merasakan nikmatnya jadi anak gaul Medan, gua menyempatkan diri untuk mampir ke Sun Plaza. Di sana ngapain? Ya, makan lagi. Hahaha.

Malemnya gua ke Merdeka Walk buat makan dim sum Nelayan. Rasanya yaaaa, lumayan lah.

Hari kedua dan ketiga gua habiskan di Danau Toba dan Pulau Samosir. Makanan di sana ga ada yang istimewa, menurut gua.

Pulang dari Toba, gua mampir ke daerah Golden buat makan bubur babi. Ga selesai sampai di situ, gua makan nasi babi panggang. Ga lupa mesen telor lapciong. Rasanya… ENDANG BAMBANG (baca: enak banget). Biar makin asoy, gua minum martabe, alias perpaduan markisa ama terong belanda. Rasanya… maknyus!

eunak tenan

Masih lapar akan makanan, gua menuju daerah Titi Bobrok buat nyobain Sop Sumsum. Setelah membayar 30.000, apa yang gua dapatkan?

sop sumsum

Kaing… kaing… disangka gua anjing apa?

Itulah dengkul sapi seharga 30.000. Gua cuman bisa nyedot-nyedot dikit bagian dalemnya. Bingung apalagi yang bisa dimakan padahal udah bayar mahal-mahal, hampir aja gua membawa pulang piringnya sebagai souvenir.

Hari keempat, buat sarapan gua makan bubur ayam Cirebon di depan Museum Batak. Ramenya udah kayak apaan tau. Makanya gua penasaran.

Aneh juga ya, gua ke Medan tapi malah makan bubur ayam Cirebon. Biar impas, kalo gua ke Cirebon gua makan Soto Medan dah.

Hari keempat gua lewatin di Brastagi. Di sana makan chinese food yang rasanya standar tapi harganya mahal. Kenapa mahal? Ternyata pelayannya cantik-cantik. Mungkin harga makanannya udah termasuk ongkos buat beli bedak.

Pulang dari Brastagi, gua makan sebuah makanan yang wajib gua coba sebelum pulang: Babi Panggang Karo atau bisa disingkat BPK. Warung makan yang menjual BPK banyak ditemuin di daerah Simpang Pos. Rasanya? EUNAK TENAN.

endang bambang

Dari situ, gua sempet makan es krim Fountain (murah meriah tapi enak) dan lanjut ke jalan Semarang dan Selat Panjang. Di sana udah kayak di Hongkong. Kanan kiri banyak banget warung makan. Tergiur dengan satu warung makan yang rame, akhirnya gua memesan menu utama di sana: Kwetiau khek. Rasanya… NENDANG NAMPOL NONJOK BANTING. Enak bangeeeeeeet.

Di hari kelima, sebelum pulang gua nyobain lagi Soto Medan di jalan Gatot Subroto. Rasanya… SUMPAH ENAK BANGET. Bikin nagih.

nendang abis

Pulang dari Medan, celana gua banyak yang ga muat. Hahaha. Pokoknya makanan di sana cocok banget ama gua. Nyam-nyam.

Ya suw, segitu dulu laporan wisata kuliner gua selama di Medan. Di postingan berikutnya gua akan menceritakan perjalanan ini dari sisi yang lain.

See you, folks! ^^

Advertisements

Tagged: , ,

17 thoughts on “Si Roy Pergi ke Medan

  1. nurul :D May 27, 2009 at 12:57 Reply

    masih ada yang kurang roy : nasi goreng pakantan, soto sinar pagi.
    hihihi

  2. dyan May 27, 2009 at 14:56 Reply

    buseeddd dah itu ketek…eksis bener!!!semriwing dah tu kena angin.. xD
    gw paling benci kalo ada yg review ttg jalan2 dan makanan kayak gini, banjir iler cubicle gw.medan…i think i really should be there sometimes.
    *extra drooling*

  3. raka May 27, 2009 at 18:13 Reply

    kwetiau ateng … kwetiau khek …. huhuhu sepertinya enak!

  4. dawiecool May 27, 2009 at 23:06 Reply

    wah.. makan melulu di medan yah… gak ke warkop bro??

  5. ettachan May 28, 2009 at 23:21 Reply

    tambah gendut deh itu perut. hahahahaha. beli bolu meranti gak roy?
    eh roy terjangkit flu babi ngga? wekekek.

  6. nietha May 29, 2009 at 11:32 Reply

    Komplit deh wisata kulinernya..

  7. Lynn May 29, 2009 at 12:01 Reply

    buset si roy makan mulu! hahhaa.
    enak tuh keknya hhahahaa
    full of babi ya hehehe

  8. ika May 29, 2009 at 16:26 Reply

    wuahh..
    jd kangen kampung halamanku deh.
    tak mantap lah kalau tak pernah ke medan!! :D

  9. presy__L May 31, 2009 at 13:37 Reply

    dasar si roy… bikin ngiler !!!!!!!!!!!

  10. Pincuk Keliat June 4, 2009 at 14:24 Reply

    wadaw!!!! Roy, pengarang the maling of kolor ke medan?
    kok kita gak ketemu yah?
    padahal 24 jam onlen aku di simpang pos, hahahaha
    selamet yah, dah cobain BPK! hehe

  11. roy saputra June 4, 2009 at 15:20 Reply

    @ nurul: hiks, hiks. kelewatan satu donk.

    @ dyan: iya, medan itu surga bagi wisatawan kuliner!

    @ raka: emang! *ngiler*

    @ dawiecool: nah itu dia, nyari kopi medan yang terkenal, tapi ga ketemu-ketemu.

    @ ettachan: beli bolu donk. maknyus! si babi yang kena flu roy. haha.

    @ nietha: yoi donk! ^^

    @ lynn: yo’a! ^^

    @ ika: iya, medan mantap!

    @ presy_L: di sini juga ngiler kok, nyam nyam

    @ pincuk keliat: wah, gua makan BPK di simpang pos tuh, cuk! kau belah mananya?

    • Pincuk Keliat June 26, 2009 at 14:18 Reply

      lah? jgn2 kita satu tempat akan kemaren?
      hahaha

  12. neng fey June 7, 2009 at 21:18 Reply

    naik berapa kilo pulang dari medan,
    dim sum nelayan, uenaaakkk..!!! tp mahal, hiks

  13. Erma June 8, 2009 at 16:48 Reply

    banyak mi (kwetiau itu masih sodaraan ama mi kan) ya di medan

  14. zulhaq June 22, 2009 at 03:22 Reply

    bahh!!! apa pula kau ke medan lae…makan sendiri pula
    kau ajaklah sodara sodaramu ini ha ha ha

  15. deraderi July 3, 2010 at 01:17 Reply

    mass, kalau bisa dicantumin dong harga2 tiapa makanannya kaya dimsum dll , kan penasaran mau ngebandingin harga n tastenya , hehehe :P

  16. nopan November 23, 2012 at 17:13 Reply

    ngliat aja bikin laper *nelen ludah di pojokan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: