Kopitiam Oey? Maknyus!

Hai. Salam perut buncit.

Rabu kemarin, gua pergi ke Kopitiam Oey di jalan H. Agus Salim, atau yang lebih dikenal dengan jalan Sabang. Dengan jiwa pewisata kuliner yang masih membara, gua akhirnya menjejakkan kaki di depan Kopitiam Oey.

tampak loear

Dari luar, udah kerasa banget suasana Cina peranakan. Namanya aja Kopitiam Oey. Kopitiam berasal dari kata kafe tien, yang dalam bahasa Hokkian berarti warung kopi. Oey-nya? Wah, jangan tanya saya

Kopitiam Oey ini dibuka pada tanggal 18 Maret 2009 oleh pemiliknya. Siapa? Tak lain dan tak bukan, Bondan Winarno, seorang penikmat kuliner yang terkenal dengan slogan Maknyus-nya.

Kembali ke Kopitiam Oey. Penampakan luar yang begitu jadul membuat gua penasaran dengan bagian dalamnya. Ga sabar pengen masuk.

(suara dari kejauhan)
“Tapi jangan buru-buru keluar ya. Ntar lemes.”

Duh, apaan sih? Ehem. Gua pun masuk.

“Jangan lupa keramas.”

Duuuh. Apaan sih? Ehem, ehem. Gua melangkahkan kaki dan melihat…

tempoe doeloe

Hiasan dinding menjadi sorotan pertama gua. Banyak iklan-iklan jadul yang sengaja dipasang untuk menambah kesan ‘tua’ pada warung kopi ini. Kursi dan meja pun sengaja dipilih yang bernuansa antik.

Belom minum aja, gua udah jatuh cinta sama warung ini.

Dan, makin jatuh cinta setelah gua tau, di sini bisa wi fi-an. Cihuy!

Karena namanya warung kopi, maka menunya didominasi oleh kopi dan teman-temannya. Ada kopi Talua Bukittinggi, Kopi Vietnam, Espresso, atau Cappuccino. Yang serunya, semua kopi dibuat secara handmade!

Yang khas di sini (menurut Mbak-nya) adalah kopi Aceh. Maka lagu Enno Lerian pun bersabda di kepala gua.

Mau minum s’gelas kopi … Aceeeeh
Bukan berarti harus ke… Aceeeeeh
Cukup ada di sini, dekat kita sendiri
Kita tinggal menikmati

Masih dengan jiwa pewisata kuliner, gua pun memesan kopi Aceh… sama kopi saring Vietnam… eh, ini asik nih…. sama French toast… udah kok itu doank, eh ini enak juga nih, hmmm… sama Roti belanda… udah kok, cuman pesen segitu aja! Sumpe deh!

Penasaran sama foto menunya? *kedap-kedip*
Bener penasaran? *angkat-angkat rok*

kopitiam oey maknyus!

Dari pojok kiri atas (searah jarum jam): roti belanda – french toast – kopi aceh – kopi saring vietnam

Selain kopi, ada juga menu-menu makan berat. Seperti gado-gado BonBin, nasi goreng kambing, nasi kluwek, dan lain-lain.

Yang paling menyenangkan tentu saja harga yang sangat bersahabat dengan si dompet.

“Halo, Pet. Apa kabar? Keluarga gimana? Baik?”
“Baik kok. Istrimu apa kabar?”

Oke, bukan bersahabat yang seperti itu maksud gua.

Harga kopinya berkisar antara 8000 sampai 12.000.

“Rupiah?”

Dolar Ruwanda. Ya iya lah, pake rupiah. Hehehe.

Untuk keempat menu yang gua pesan itu, gua hanya menghabiskan 50.000 rupiah saja. Itu pun masih ditambah dengan suasana yang sangat hommy yang bikin gua ga pengen buru-buru pulang.

But, hell, it’s already seven o’clock at night. I had to go home.

Sebelum beranjak pulang, bolehlah gua membuat kesimpulan ini:

Kopitiam Oey? Maknyus!

Advertisements

Tagged: , ,

18 thoughts on “Kopitiam Oey? Maknyus!

  1. Oscar June 19, 2009 at 10:14 Reply

    Pak Roy, mengjangkau tempat ini dari Sunter gimana??
    Kenyeknya seru banget ya tempatnya…Thx

  2. roy saputra June 19, 2009 at 10:18 Reply

    @ oscar: ke arah sarinah aja, car. jalan sabang. naek… hm, taksi! :p

  3. KiMi June 19, 2009 at 13:55 Reply

    njrit, gue jadi pengen kesini. tapi, gue ga tau jalan, jeee… :((

  4. ika June 19, 2009 at 21:53 Reply

    sayang ga ada yg kayak gini di Zürich
    iri deeh :(

  5. priscilla June 20, 2009 at 10:31 Reply

    weisss… jalan2 kulinernya ok tuh, kopitiam oey jadi pengen meuluncur…………

  6. Paams June 20, 2009 at 19:03 Reply

    waakakakaka dasar lo, udah kaya bondan aja. eh bukan bondan prakoso? si lumba-lumba!hahaha. wah kayaknya boleh nih, wi-fi lg cuy!

  7. Achie June 21, 2009 at 07:44 Reply

    waktu tu gw ksana roy, tp d usir ama yg punya warung.. hahaha.. Katanya, “maaf mba, qta blum buka”.. Duuhhh.. Emg cozy bgt c tmptnya..

  8. zulhaq June 22, 2009 at 03:18 Reply

    perut gw serasa di penuhin caci pemakan segala deh!!!
    lapeerrr…..

  9. ruthyorke September 10, 2009 at 12:56 Reply

    waw boljug nih! baru ya? hehe segera meluncur ke TKP!

  10. Roo September 16, 2009 at 05:32 Reply

    baru tau ad t4 ini. ^^
    padahal sering ke sabang. hehe…
    thx atas infonya.

  11. ilham (bali dancer) April 5, 2010 at 13:47 Reply

    mau ikutan nimbrung dong (gw kerja di kopi juga merk Bali Dancer) blh joint tdk ? asli lokal punya bo, thanks

    • Shandy July 13, 2010 at 02:19 Reply

      @ilham Bali dancer,kalau mau pesan kopi Bali dancer untuk supermarket harus menghubungi kemana?thx please info

  12. koyah July 24, 2010 at 12:45 Reply

    di jakarta d dmananya tuh tempat kedainya?jalan sabang ya?patokannya pa?

  13. spy pen camera October 25, 2010 at 19:29 Reply

    Enakan mana ama starbuck?

  14. cungkring June 16, 2011 at 23:03 Reply

    pengen kesini jg,,tp jauuuhhh.. T_T

  15. Rismawati Razak September 9, 2011 at 22:26 Reply

    Catat ini Kopitiam Oey sama sekali beda dengan Kopi Tiam, meskipun sama2 bahasa Hokkian yang artinya Warung Kopi. Oey (baca: wi) diambil dari Winarno, 2 huruf pertamanya.

  16. beatrix December 15, 2011 at 09:45 Reply

    Kopitiam OEY biasa disingkat KTO ini memang luar biasa, menunya tambah bervariasi dan harganya terjangkau, kopi kesukaanku kopi Indotjina alias kopi Vietnam. makanan ringan TOP banget Singkong Roanya.. Maknyus..

    Bagi teman2 yg merasa jauh, KTO sudah punya 5 cabang di Jakarta.
    KTO yang paling baru di Ruko apartemen Wisma Gading Permai-Kelapa Gading Boulevard, kalo malam banyak Cafe Tendanya. Suasananya nyaman dan parkiran luas. Semoga berkenan dihati pecinta KTO.

    selain itu ada di Thamrin City, Salihara, Durentiga, Tebet.

    Selamat berkunjung dan menikmati makanan di KTO

  17. indie January 28, 2012 at 15:17 Reply

    kopitiam mmmmmmmm…., tempatnya enak, dan suasananya begitu romantis…., apalagi minum kopi pake vietnam drip nyaa…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: