My Political View

Postingan kali ini merupakan pandangan politik gua secara pribadi. Boleh didebat, boleh didukung, boleh dikitik-kitik. Ditoel-toel juga boleh.

Rabu besok, bangsa Indonesia akan mengadakan Pemilihan Presiden (Pilpres).

Awalnya gua (dan gua yakin banyak orang juga sama) akan sangat mendukung jika SBY dan JK kembali jalan bareng. Mereka saling melengkapi satu sama lain. SBY yang hati-hati diimbangi dengan JK yang berani mengambil resiko.

Tapi mereka sekarang udah pecah kongsi. SBY duet dengan Boediono, sementara JK dengan Wiranto.

Jadi gua bingung akan memilih siapa. Mega – Prabowo? Dengan segala hormat, gua ga masukkan mereka sebagai calon yang kuat. Kasian Prabowo, sebenernya visi dia jelas tapi posisinya hanya sebagai cawapres yang mana orang Indonesia masih melihat figur capresnya ketimbang cawapresnya (menurut gua, ini yang membuat SBY menang pada pilpres 2004). Idenya konkrit dan visioner meski di beberapa bagian agak ekstrim. Seperti menutup semua pintu impor hasil pertanian dan perkebunan. Bisa-bisa negara kita kena embargo juga nantinya.

Dan tibalah kita pada pertanyaan maut kebanyakan orang saat ini: SBY atau JK?

Setelah melihat debat capres kemarin, gua melihat JK sangat memahami masalah dan selalu coba mengelaborasinya dari pendekatan ekonomi. Buruk? Sama sekali tidak, karena jika dipikir-pikir memang semua masalah di Indonesia itu bermula dari kesenjangan ekonomi dan keterbatasan APBN.

Dari debat itu pula, keliatan kalo JK punya peran yang ga sedikit di pemerintahan sekarang. Beda dengan pemerintahan-pemerintahan lalu ketika wapres hanya sebagai ban serep, JK adalah the working vice president.

Yang paling gua kagumi adalah penjelasan dia tentang mengurangi objek subsidi (konversi minyak tanah ke gas), konsep BLT, dan apa-apa yang perlu dibenahi untuk menarik para investor asing masuk ke Indonesia (infrastruktur, listrik, dll). Ide-idenya sangat konkrit dan logis.

Sangat disayangkan kalau orang secerdas dan sevisioner ini tidak dipercayakan untuk memegang peranan di negara ini.

Di beberapa bagian debat, beliau memang mengakui bahwa ada beberapa ide dia yang tak didengarkan oleh SBY, ya i think it’s just part of his campaign strategies.

Ditambah lagi, beliau begitu dinamis, tidak kaku, dan mampu menghidupkan suasana.

Elektabilitas JK juga terus meningkat. Selain karena iklan kampanyenya yang tepat, itu juga disebabkan blundernya tim sukses SBY. Mulai dari kasus-kasus yang nyerempet SARA, atau soal satu putaran yang menurut gua sangat tidak penting itu.

Jadi, sebagai kesimpulannya, gua akan memilih JK pada Rabu besok. Bukan berarti SBY itu buruk. Tidak sama sekali. Tapi karena gua pikir Indonesia dengan segala permasalahannya saat ini, perlu seorang pemimpin yang visioner, cerdas, dan lebih berani.

Karena saat ini Indonesia butuh yang… lebih cepat, lebih baik.

lebih cepat lebih baik

Semoga Indonesia memilih dengan tepat.

Kalau kamu, pilih siapa?

Advertisements

Tagged: ,

11 thoughts on “My Political View

  1. aditya sani July 7, 2009 at 10:33 Reply

    horreeee…pilihan kita sama roy! :)

  2. kunya July 7, 2009 at 10:56 Reply

    kekeke.. mari kita bikin pilpres jadi dua putaran Roy.. :D

    Sigh,, buat gw justru yang gw hindari adalah Prabowo.. ga tau kenapa tapi insting gw terial tidakkk gw ga mau punya Suharto lagi kekeke… I know that he seems sangat meyakinkan,, sepertinya visi dan misinya jelas dan konkret.. tapi dengan segala hormat gw cuma mau nanya kemana dia ketika perekonomian negeri ini ambruk di taun 1998? Dia menanamkan modalnya ke negara lain.. Orang boleh bilang dia paling Nasionalis paling peduli sama rakyat kecil.. bagi gw dia paling gede omong kosongnya.. hahaha,, gw bisa ditangkep pake UU ITE ga sih ini? :p

    SBY?? Gw menghormati kerja dia selama 5 tahun ini tapi gw ga yakin dia bisa membawa perubahan,, sementara gw merindukan (ceilah bahasa gw) pemimpin yang bisa membawa perubahan.. yang berani bertindak.. dan SBY, maaf ye bagi yang dukung si bapak ini, dia kurang berani.. dan gw ga suka sama kearoganan tim pendukungnya yang sepertinya udah yakin banget kalo SBY bakal menang dalam 1 putaran :(

    JK.. terus terang gw bilang sih masih jauh dari apa yang gw harapkan untuk jadi presiden Indonesia (ni si Nia ngarep siapa sih sebenernya kekeke :P).. Nah gw ga yakin dia pantes untuk gw titipin suara gw (karena gw udah kecewa sama partai yg gw titipin suara pas pemilu legislatif.. partainya ternyata pelintat pelintut kekeke I guess u know partai mana yg gw maksud :P)

    Cuma kemungkinan besar gw akan pilih dia karena gw pengeeeeen banget dipimpin oleh civilian,, gw ga suka militer karena terbukti militer ga sanggup buat memimpin bangsa ini.. (mangkanya gw agak ragu krn JK gandeng Wiranto..).. haaah.. bingung jadinya gw :P

    Aniwey gw kayak bikin postingan sendiri di blog lu.. wkkwkw.. jadi curhat maut gini gw :P

  3. KiMi July 7, 2009 at 11:36 Reply

    gue gak nyontreng… males pulang kampung. :D

  4. juniormu July 7, 2009 at 20:41 Reply

    hahaha
    pilihan kita sama Roy
    Mudah2an aja ga ada “permainan” pas pemilu
    karna gw sendiri berpikir MUSTAHIL 1 putaran
    sukses Roy

  5. Lynn July 8, 2009 at 00:13 Reply

    semestinya memang SBY itu ga pecah kongsi ma JK . hahaha :D

  6. chidua July 8, 2009 at 15:56 Reply

    Gw juga memilih bapak berkumis itu,,

    @ kunya: jadi dirimu memilih siapa Ni??

    • kunya July 9, 2009 at 18:40 Reply

      hahaha,, ga ada rahasia2an nih,, milih si JK..

      Tapi tadinya aku pikir suaranya bisa nomer 2 ternyata masih kalah sama Mega dan prabowo.. *sigh.. kecewa mode on*

  7. Kris July 9, 2009 at 13:40 Reply

    Yaph Bang Roy, saya juga milih JK.

    Saya rasa JK adalah sesosok pemimpin yang sebenernya. Dia emang enggak punya ‘tampang’ (iya, saya juga heran, kenapa di luar sana masih banyak orang yang milih cuman gara-gara ngeliat tampang doang. Mereka bilang: wah, capres ini gagah loh, capres ini ganteng, capres ini berwibawa ngomongnya aja dijaim-jaimin),
    JK juga altikurasi dalam berbicara enggak begitu bagus. Tapi bener apa yang dikatakan Bang Roy, pemikiran-pemikiran JK emang luar biasa. JK-lah otak dipemerintahan sekarang. Program BLT, konversi minya ke gas, kedamaian Aceh dan poso. Belum ada sebelumnya Wakil Presiden yang berani dan langsung turun ke bawah.

    Namun sayangnya dari quick count yang diadakan oleh berbagai macam lembaga Think-Thank, perolehan JK sangat rendah. Berada jauh dibawah SBY, dan Mega.

    Kenapa?

    Kenapa rakyat Indonesia tidak berpihak padanya?

    Saya analisis bahwa rakyat Inonesia lebih senang kepada tipe pemimpin yang sabar dan terkesan terzalimi. Tidak seperti JK yang ceplas-ceplos, menyerang dan enerjik!
    Sesungguhnya, JK adalah pemimpin masa depan.

    Mungkin sepuluh tahun lagi, kita akan sadar bahwa orang seperti JK inilah pemimpin ideal untuk bangsa Indonesia untuk maju lebih cepat, dan maju lebih baik ke kehidupan multinasional yang semakin bergerak dinamis.

  8. anggina July 10, 2009 at 14:23 Reply

    gw ga suka nomer 3 karna gw ga percaya kalo pengusaha yg jadi presiden.. sedikit banyak pasti akan ada konflik kepentingan,,pasti banget.. untuk gw yg kerja satu perusahaan ama bokap aja bisa ngerasain ga enaknya dilema itu,,apalagi dengan kekuasaan besar kaya presiden,,pastilah bisnisnya akan ikut kebawa2… itu mah ntar bakal sama aja kaya jaman soeharto.. dan percayalah,,gw sendiri menjadi saksi dmana kekuasaannya sebagai wapres memang ada yg digunakan untuk bisnisnya…
    selaen itu gw gsuka jg pas kemaren dia koar2 masalah DPT H-2 pemilu.. kalo gw g salah bukannya harusnya dia punya tanggung jawab yg sama untuk nyuksesin pemilu kali ini ya? kenapa malah ribut2 minta pemilu ditunda..? kenapa setiap hal jelek yg terjadi di pemerintahan selalu dianggap salah presidennya,,dan ketika yg baik terjadi adalah karena jasa si wakilnya..??
    hehehe… well,,ini sekedar opini pribadi gw sih…

  9. benazio July 10, 2009 at 20:43 Reply

    saya tetap sby!! tapi sedih kalo jk pulkam .. :(

    KOPRUBER BDG 12 Juli 2009 BIP jam 14.00/selesai info lebih lengkap ada di forum RumahBlogger.com ;) di tunggu kehadirannya

  10. Vie July 15, 2009 at 16:08 Reply

    Iklannya JK bagus-bagus banget!!!
    Saya suka iklan-iklannya. Tepat banget untuk dikonsumsi sama target marketnya. Setuju kalo dia memang terlihat alive dan tau ini itu.

    Tapi, apakah kamu dibayar untuk melakukan iklan ini? Kalau gak, demi almarhum siapa? Almarhum Susuk Transformers? Hihihihih…

    *Saya, Sujiwo Tejo, golput seumur hidup. Demi almarhum ibu saya, saya tidak dibayar untuk kampanye ini.*

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: