Pertanyaan Paling Sering Ditanya di Tahun 2012

Selain kapan nikah, adalah “ceritain dong awal mula pembuatan Rasa Cinta?”

launching Rasa Cinta

gambar diambil dari sini. terima kasih.

Sejak rilis di akhir September sampai penghujung 2012, tim penulis Rasa Cinta udah terlibat di 4 acara. Broadcast interview di Art Market Kopi Keliling, launching Rasa Cinta, Bincang Kopi di Kopidimana?, dan terakhir jalan-jalan iseng #RasaCintaKeBandung.

Pertanyaan pertama yang terlontar adalah, ya itu tadi.

“Ceritain dong, gimana sih awal mula pembuatan Rasa Cinta?”

Ariev Rahman (salah seorang penulis dan penggagas Rasa Cinta) pasti akan menjawab, “Awalnya… sakit.” yang menggambarkan 80% dari populasi isi otaknya. Sementara 15% tentang bagaimana membagi waktu mengadmin akun Poconggg, dan 5% sisanya abstain. Kalau gua akan merespon dengan elegan dan berwibawa seperti di bawah ini.

Semua berawal di McDonalds Sarinah pada sebuah hari Minggu. Gua janjian dengan Ariev untuk sekadar bersenda gurau dan menikmati senja bersama… cailah. Agenda sore itu memang tentang rencana kami berdua menyusun buku. Bukan, bukan buku nikah.

Ariev dan gua melihat perkembangan kumpulan cerita pendek yang diterima baik oleh masyarakat. Berdasarkan itu lah, gua dan Ariev melihat sepertinya kami juga memiliki potensi untuk membuat hal yang serupa. Kami ingin cerita-cerita yang disajikan memiliki benang merah sehingga bisa mendapat perhatian lebih.

Pertanyaan yang muncul adalah, apa benang merahnya?

Ketika sedang asik berpikir sambil nyemil kentang, tiba-tiba Ariev tercetus sebuah ide. Cerita-cerita di dalam buku itu nantinya menganalogikan cinta dan hidup ke makanan dan minuman. Ariev percaya bahwa ada 2 hal yang manusia ga bisa hidup tanpanya. Cinta dan makanan. Maka analogikan saja keduanya.

Gua sepakat karena banyak insight yang bisa dipetik dari hal-hal yang dekat dengan keseharian. Makanan salah satunya. Seperti sore itu, Ariev banyak ngegaring kayak kentang McDonalds, sementara gua tampan kayak burger. Entah apa hubungannya, yang jelas menurut gua burger itu tampan. Titik.

Sepulang dari Sarinah, dengan semangat yang menggebu, gua dan Ariev berbagi tugas. Gua menghubungi penerbit (Bukune), sementara Ariev membuat daftar orang-orang yang berpotensi untuk bisa dan mau diajak untuk ikutan project ini. Kami lalu menyusun proposal dan menulis 1-2 cerita sebagai contoh untuk dikirimkan ke Bukune.

Lalu email pun dikirim dan kami duduk termangu. Menunggu sebuah balasan dengan Bukune di nama pengirimnya. Beberapa hari kemudian, email yang dinanti pun tiba. Bukune mengajak kami untuk bertemu.

Entah tanggal berapa, Ariev, gua, dan Bukune bertemu di Indonesia Book Fair di area Senayan. Setelah ngobrol-ngobrol mengenai konsep dan susunan penulis, Bukune memberi lampu hijau. Kami pun langsung menghubungi teman-teman: Dewi, Dwika, Popok, Loli, dan Anita.

Nah, pertanyaan susulan yang sering muncul dari jawaban di atas adalah, “mengapa memilih kelima orang tersebut?”

Jawabannya adalah variasi. Gua dan Ariev menginginkan cerita dalam buku ini bervariasi. Pembaca membeli buku yang ditulis oleh 7 orang, harapannya mendapatkan 7 gaya menulis yang berbeda. Ariev lebih banyak berperan dalam mengusulkan nama, sementara gua membantu melihat gaya menulisnya, baik dari Twitter maupun blog. Maka terpilihlah Anita yang ‘cewe banget!’, Popok yang renyah ceria, Dwika yang suram durjana, Loli yang tajam menusuk, serta Dewi yang lincah bermain diksi.

Jadi, begitulah kurang lebih cerita bagaimana Rasa Cinta bermula. Semoga bisa memuaskan rasa tanya yang mendidih di kepala. Semoga mampu menjadi penghapus dahaga ingin tau.

Dan semoga, kamu suka.

Sampai ketemu di rasa cinta-rasa cinta berikutnya.

Ciao!

Advertisements

Tagged: , , , , ,

2 thoughts on “Pertanyaan Paling Sering Ditanya di Tahun 2012

  1. blacksheepidws (@blacksheepidws) January 5, 2013 at 23:19 Reply

    2 cewek yang pakai kacamata hitam(foto : dari kiri) cakep bangetzzz,bang roy saputra beruntung sekali :) ahhhhhhhhh -_____-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: