Yang Tertendang dari 2012

Salah satu resolusi 2012 gua yang tertendang ke 2013 adalah rutin berolahraga. Sejauh ini, olahraga paling rutin yang gua geluti adalah futsal. Gua secara reguler bermain futsal, yaitu setahun sekali. Tapi entah kenapa, terasa masih kurang. Entahlah.

Untuk menutupi kekurangan itu, rencananya sih gua mau lari. Bukan, bukan lari dari kenyataan atau pun lari dari masa lalu. Tapi lari seperti yang ada di lagunya Bang Haji Rhoma Irama.

He, lari pagi! ((lari pagi!)) (ceritanya ada echo-nya biar sama kayak di lagu Bang Haji)

Sebagai bujangan yang jarang bergadang serta jauh dari judi dan mirasantika, gua merasa perlu untuk lari pagi ((lari pagi!)) untuk mengembalikan darah muda gua. Apalagi kalo larinya bisa bareng Ani sampe ke Blitar. Jadi, meski dengan ketiadaan bulu dada, gua bisa bilang, “Blitar ini, Ani…”

Jadi, gua memutuskan untuk lari pagi! ((lari pagi!))

Gua ga bermasalah dengan kata ‘lari’-nya, tapi agak berat dengan kata ‘pagi’. Rasanya sulit untuk bangun pagi dan langsung beraktivitas berat. Pengennya ngulet-ngulet dulu beberapa jam. Iya, beberapa jam. Kalo bisa sambil nonton gosip pagi atau Spongebob. Karena pagi adalah momen di mana kasur dan guling menjadi sangat posesif.

Gua sebetulnya juga bukan orang yang sukar-bangun-pagi-karena-malemnya-insomnia. Gua bukan manusia malam, ataupun manusia pagi. Gua hanya manusia yang suka tidur lama. Gua bahkan ga perlu Romi Rafael untuk masuk ke alam tidur lebih dalam, lebih dalam dari sebelumnya. Beri gua kasur maka terjadilah hal di atas.

Setelah gua telaah, mungkin penyebab gagalnya resolusi rutin berolahraga karena ga adanya target yang jelas. Dulu sih ditargetin dengan berat badan harus menyentuh angka 75 kilo. Namun, setelah berhasil sampe 75 kilo pun badan belum terasa fit. Masih terasa lemes dan perut masih membuncah dengan manja (singkatnya: buncit). Agak bingung gimana gua bisa masang target dari lari pagi ini biar pasti kejadian, sampai gua membaca pengumuman tentang sebuah lomba lari.

BII Maybank akan menggelar Bali Marathon tahun ini.

Bali Marathon 2012

Haleluya!

Bali Marathon adalah lomba lari berskala internasional. Kembali digelar pada tahun 2013 setelah tahun lalu sukses menyedot peserta dari 42 negara. Dibagi menjadi 3 kelas, yaitu full marathon (42 km), half marathon (21 km), dan 10K (10 km; siapa tau nyangkanya 10 karung).

Bali Marathon 2013 akan berlangsung di Gianyar dengan melintasi rute yang telah mendapatkan sertifikasi dari Internasional Measurement Certificate INA 2012/009, baik untuk full marathon, half marathon, ataupun 10K dari Association International Marathon and Distance Races (AIMS) dan Measurement Adminstrator Dave Cundy yang memiliki Grade A IAAF-AIMS course measurer.

Dari info yang gua baca, peserta lomba lari Bali Marathon 2013 nantinya akan mendapat timing chip untuk dapat mengukur personal record masing-masing perlari. Sistem registrasi akan digelar secara online untuk memudahkan pelari-pelari dari berbagai negara. Tahun lalu aja ada peserta dari Kenya, Amerika Serikat, Australia, dan masih banyak lagi.

Pemenang tahun lalu berasal dari Kenya. Gua sangat yakin dia bisa menang karena latiannya di hutan bersama macan yang lapar. Survival mode banget. Padahal orang Jakarta harusnya bisa juga tuh berlatih ala survival mode. Coba berlatih dikejar pacar yang lagi PMS dan mau nanya, “Yang, aku gendutan ga sih?”. Karena pacar PMS dengan pertanyaan yang-aku-gendutan-ga-sih itu lebih mengerikan dari macan lapar. Sungguh.

Bali Marathon 2013 rencananya akan diadakan pada tanggal 16 Juni 2013 dan pendaftaran mulai dibuka pada akhir bulan ini; Januari 2013. Untuk info lebih lengkap, bisa pantengin terus website balimarathon.com (terakhir gua cek lagi maintenance).

Nah.

Mungkin ini yang gua butuhkan. Sebuah target untuk membulatkan tekad. Ajang untuk merealisasikan resolusi 2012 gua yang tertahan. Kebetulan temen sedivisi gua banyak yang mau ikut. Jadi kayaknya gua bakal ikutan juga nih.

Awalnya mau daftar yang half marathon. Tapi kayaknya kalo ikutan yang half marathon, sampe garis finish wajah gua udah ga bisa diidentifikasi lagi saking engap-engapannya. Dan karena ini kali pertama gua ikut lomba lari, ada baiknya gua ambil yang 10K kali ya. But, we’ll see. Siapa tau sehari sebelum pendaftaran, gua terbangun, meliukkan badan di atas kasur, lalu berpikir, “To be or not to be. Half marathon it is.” 

Gua mengusulkan ke temen-temen yang mau ikut agar kita selalu berlari dalam rombongan biar bisa sambil ngobrol atau nyanyi-nyanyi. Temen gua menolak sambil mengingatkan bahwa ini half marathon, bukan half marawis.

Kata temen gua yang ikut taon lalu, rutenya banyak tanjakan dan turunan. Gua kembali mengusulkan untuk lari dengan sepatu anak kecil yang ada roda di belakangnya. Jadi tiap turunan, kita dapat memanfaatkan gaya gravitasi dan menggelundung dengan jaya. Temen gua kembali mengingatkan bahwa berlari dengan sepatu roda secara rombongan adalah bibit-bibit terciptanya geng motor. Jadi ada baiknya kita tetap berlari seperti biasanya.

Terlepas dari bagaimana hari H nanti, gua harus persiapan. Masih ada waktu 5-6 bulan bagi gua berlatih. Kayaknya sih bakal rutin Selasa-Kamis ke GBK Senayan untuk lari malem-malem atau lari pagi ((lari pagi!)).

Doakan gua ya supaya ga perlu lari sambil manggul tabung oksigen dan berhasil sampai garis finish nantinya.

Dan semoga resolusi yang ini ga perlu tertendang lagi ke 2014.

MARI LARI PAGI! ((LARI PAGI!))

gambar diambil dari sini. terima kasih

Advertisements

Tagged: , , , , ,

4 thoughts on “Yang Tertendang dari 2012

  1. arievrahman January 11, 2013 at 11:35 Reply

    Hanjis, ngebuzz!

    (–,)

    • Roy Saputra January 11, 2013 at 11:37 Reply

      BUKAAAAN! ini mah ngebantuin tempat nyari duit sekarang. behehek.

      tapi itung-itung portfolio deh. anyone? (–,)

  2. Erit07 January 13, 2013 at 10:31 Reply

    Sya gak tahan lari jauh,sakit kaki saya. .
    Salam knl bang!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: