Project Baru!

“Sebelum naga menjadi ular, temui aku di waduk lama
Tempat pancuran mengucurkan air yang riaknya terlafalkan tak sempurna
Aku kan menanti dengan teduh, meski itu siang pukul dua lebih sepuluh
Kuharap kau tak terlambat, aku tunggu kau di situ
Sampai bertemu!”

Sekali lagi gue baca tulisan yang ada di kertas lusuh itu. Sebuah tulisan yang Sarah titipkan ke penjaga kantin kemarin siang. Mungkin memang begini risiko menyatakan cinta dengan perempuan yang gemar sejarah dan trivia. Ada-ada saja.

Gue balik kertas itu untuk memastikan nggak ada kode yang tertinggal. Ternyata, keputusan gue tepat. Ada tulisan kecil di pojok kanan bawah yang sepertinya terlewat saat gue baca pertama kali.

PS: Jangan lupakan sed(j)arah!

Sedjarah? Dalam ejaan lama? Oh, jadi kamu mau bermain, Sar? Let’s!

***

“Berapa, Bang?” tanya gue ke tukang ojek setelah menyebutkan destinasi yang gue inginkan.

“Lima puluh ribu,” balasnya dengan muka cuek. Biasa, jual mahal.

“Dua puluh lima, deh, Bang?”

Sebagai Cina sejati, rasanya gue akan murtad jika nggak menawar lebih dari setengah harga yang dibuka. Jangankan ojek, kalo argo taksi bisa ditawar, pasti akan gue tawar. Lagipula, jarak dari rumah gue di Kwitang sampai ke sana sepertinya nggak terlalu jauh.

Gelengan kepala dari tukang ojek membuat gue menaikkan tawaran lima ribu sebanyak dua kali. Setelah sepakat, gue segera naik dan berpegangan pada besi jok belakang. Gue melihat jarum jam di pergelangan. Dua puluh menit dari waktu yang ditulis pada petunjuk Sarah. Gue masih punya waktu cukup.

Yang bikin gue penasaran adalah, kenapa ponsel Sarah nggak bisa dihubungi dari semalam? Nomor yang Anda tuju sedang tidak aktif atau berada di luar jangkauan. Begitu kata operator sialan itu. Untung saja, petunjuk dari Sarah mudah untuk dipecahkan. Sebagai warga Jakarta yang taat bayar pajak dan ikut nyoblos saat Pilkada, gue tau banget tempat yang dimaksud Sarah dalam suratnya.

Dari yang pernah gue baca di internet, dulu ada sebuah waduk penampungan air Sungai Ciliwung di daerah Jakarta Barat. Di waduk itu, ada pancuran air yang diletakkan setinggi 10 kaki, dan jika debit air sedang tinggi, maka tumpahan air dari pancuran akan terdengar seperti ini: grojok grojok grojok.

Sounds familiar?

Apa jadinya jika beberapa penulis Rasa Cinta, Perkara Mengirim Senja, dan Cerita Sahabat berkarya di dalam 1 buku yang sama?

Jawabannya ada di project buku keroyokan yang akan rilis ga lama lagi. Dan bukan, judulnya bukan Sahabat Cinta Perkara.

Berawal dari obrolan iseng antara gua, Wira, dan Syafial, akhirnya tercetuslah sebuah ide buku antologi. Kali ini menggabungkan cinta dengan sebuah hal yang kalian semua pasti alami dalam kehidupan dengan siklus satu tahunan. Seperti halnya Rasa Cinta, gua suka menulis tentang hal-hal yang dekat dengan keseharian. Maka ketika ide ini muncul, gua pun mengiyakan.

Kutipan cerita di atas adalah tulisan gua yang akan menjadi 1 dari beberapa bab buku tersebut. Dan bukan, tema bukunya bukan tentang Cina, ataupun ras pada umumnya. Dan, oh, gua juga keturunan Cina, just in case ada yang merasa gua rasis.

Selain teman-teman Rasa Cinta, Perkara Mengirim Senja, dan Cerita Sahabat, masih ada penulis-penulis baru yang ikut gabung ke project ini. Teman-teman baru, ide-ide baru. Project yang menyenangkan.

Anyway, di dalam buku tersebut akan ada ilustrasi-ilustrasi cantik karya Puty. Udah lama gua mengagumi ilustrasi-ilustrasi buatan Puty dan akhirnya kesampean juga untuk kerja bareng di project ini. It’s a super fun project!

Nah, gua kasih intip lagi ya beberapa ilustrasi buatan Puty yang bakal nongol di bukunya nanti.

ilustrasi Puty

Semoga kalian se-ga sabar gua dalam menantikan rilisnya buku ini.

Judulnya apa?

Tungguin yak!

Advertisements

Tagged: , , , , , , , ,

4 thoughts on “Project Baru!

  1. Solochanger February 26, 2013 at 12:18 Reply

    wah, ga sabar nih nunggu bukunya ;)

  2. penuliscemen April 9, 2013 at 10:17 Reply

    yayooooy… kalau bahasa keren eksitet nih Bang nungguin bukunya :))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: