His Romantic Place: Sepanjang Jalan Cikini!

Setelah pacar memberikan preferensi tempat romantisnya, sekarang giliran gua untuk memosting hal yang serupa. Tempat paling romantis buat kencan versi Roy Saputra!

Menurut gua, tempat romantis adalah tempat di mana kita bisa menghabiskan waktu berlama-lama dengan orang yang ingin berlama-lama kita habiskan waktu. Bingung? Sama.

Atas dasar definisi yang membingungkan tadi, maka gua nyatakan bahwa tempat kencan nan romantis favorit gua adalah: sepanjang jalan Cikini.

Jalan yang berisi campuran bangunan klasik dengan modern ini membujur mulai dari Patung Pak Tani sampai ke Megaria. Letaknya sangat strategis. Berada di pusat Jakarta yang dekat dengan Menteng, Salemba, ataupun Monas.

Fasilitas hiburan yang bervariasi menjadi alasan utama kenapa sepanjang jalan Cikini begitu menarik bagi gua. Jika ke mall paling bisa makan atau gelap-gelapan-dalem-bioskop, maka di Cikini kita bisa makan, gelap-gelapan-dalem-bioskop, beli buku jadul, atau nonton pertunjukan teater sambil, ya sambil gelap-gelapan-di-dalem juga sih. Kalo kalian udah mulai bosen kencan di mall, mungkin udah saatnya untuk berkunjung ke jalan Cikini.

Gua akan coba bagi tentang apa-apa aja yang ada di jalan Cikini. Buat yang kebingungan mau kencan ke mana weekend besok, siapa tau postingan ini bisa berguna. Ini adalah bentuk sumbangsih gua buat negara.

1. Heavyweight Food alias Makan Kelas Berat!

Percayalah, segala jenis makanan ada di jalan Cikini!

Mau makan a la Indonesia? Bisa mampir ke Bumbu Desa. Tempat makan ini udah terbukti kualitasnya hingga bisa mempunyai belasan cabang di seluruh Indonesia. Yang patut dicoba adalah udang rarong dan ikan paray yang katanya sih didatangkan langsung dari Garut dan Tasikmalaya. Harga makanan di sini lumayan terjangkau, yaitu 30,000 – 50,000 per orangnya.

Yang ga boleh dilewatkan dari jalan Cikini adalah, the famous, Gado-Gado Bonbin!

bonbin!

Gambar diambil dari sini. Terima kasih

Letaknya ada di jalan Cikini 4. Untuk mudahnya, tinggal cari jalan yang berada persis di sebrang toko reparasi tas Laba-laba. Tinggal jalan kaki ke dalam sekitar 10-20 meter, maka kita bisa menikmati gado-gado yang udah berdiri puluhan tahun itu. Yang membuat gado-gado Bonbin spesial adalah bumbu kacang yang terbuat dari kacang Vietnam pilihan dan disiramkan ke atas campuran sayur. Gurih gurih gimana gitu! Dan, oh, jangan lupa pesan es cendol merah jambu! Yummy!

Perlu diingat, meski kedai gado-gado Bonbin terkesan tua dan lapuk, harga makanannya sedikit di atas ekspektasi. Untuk seporsi gado-gado dengan nasi dibandrol kurang lebih seharga 30,000-35,000 rupiah.

Untuk penikmat western food, bisa ke Cheese Cake Factory yang letaknya ga jauh dari Menteng Huis. Di sana kalian bisa coba 3 menu andalan ini: Cheese Cake Blueberry, Chicken Gordon Blue, atau Hot Chocolate Melt.

Kalo kalian ke jalan Cikini pada malam hari, maka jangan lewatkan juga bubur ayam Cikini yang udah ngetop dari tahun 80’an. Letaknya di sebelah KFC, ga jauh dari stasiun kereta Cikini. Sedikit tips dari gua: datang agak sore biar ga kehabisan!

2. Makanan Kelas Bulu!

Untuk icip-icip iseng, jalan Cikini menyajikan 2 toko roti yang seklasik dirinya: Holland Bakery dan Tan Ek Tjoan. Kedua toko ini letaknya persis di sebrang Cheese Cake Factory.

Bagi yang baru brojol di akhir 90-an, mungkin ga begitu familiar dengan roti Tan Ek Tjoan. Cara penjualan roti rumahan ini adalah dengan mengirim sales-sales bergerobak dari komplek ke komplek, dari gang ke gang. Klasik kan?

Roti Tan Ek Tjoan favorit gua ada tiga: roti tabur kacang, roti lapis coklat, dan roti gambang yang paling pas dinikmati bersama kopi hitam. Maknyus tudemeks. Selain enak, harganya juga kekeluargaan banget!

Kalo mau yang agak ngeyangin dikit, bisa coba Pempek Megaria yang udah ada dari jaman bokap nyokap kita masih pacaran. Kedai yang terletak di area bioskop Metropole ini ga pernah sepi dari pengunjung. Pempek yang digoreng garing berpadu dengan kuahnya yang manis-manis pedes menjadikannya cemilan yang nikmat dunia akhirat!

pempek Megaria!

3. Ngupi Cantik Berbudaya

Ada beberapa kedai kopi yang terletak di sepanjang jalan Cikini. Yang paling sering gua kunjungin itu Bakoel Koffie. Aura Betawi klasik dengan kursi kayu dan meja beralas marmer jadi andalan interior Bakoel Koffie. Karena gua bukan penikmat kopi, yang biasa gua pesan di sini adalah hot chocolate. Coklatnya pas. Ga terlalu manis, ga terlalu pahit. Meski sesekali gua berselingkuh dengan hazelnut tea yang nyegerin.

bakoel koffie!

Gambar milik Ijotoska dan Popokman. Terima kasih!

Yang asik adalah di Bakoel Koffie Cikini ada tempat yang pewe banget buat nongkrong dalam jangka waktu lama. Kita bisa duduk dari jaman Agnes Monica masih bawain Tralala Trilili sampe mau go international tanpa perlu merasa khawatir akan diusir.

Udah beberapa kali gua nulis cerita di lantai 2 Bakoel Koffie ini. Minuman enak, lahan luas, dan yang paling penting, colokan banyak!

4. Tempat Gelap-Gelapan

Buat movie goers (cailah), di sepanjang jalan Cikini ada 2 bioskop XXI. Pertama adalah Metropole. Bioskop yang memiliki 6 studio ini konsisten menayangkan film-film Indonesia di salah satu layarnya. Jangan khawatir, film box office Hollywood yang baru rilis juga update terus di Metropole kok.

Dengan menara kecil yang menjulang di atasnya, Metropole jadi salah satu landmark Jakarta yang layak untuk dikunjungi. Dan ketika malam datang, rasanya tempat ini jadi romantis kronis. Liat aja foto di bawah nih.

metropole

Gambar diambil dari sini. Terima kasih.

Taman Ismail Marzuki (TIM) XXI adalah bioskop kedua yang ada di area ini. Dengan haga 35,000 di hari libur dan 25,000 di hari biasa, TIM XXI banyak didatangi oleh kawula muda di tanggal tua. Yang asiknya, TIM XXI didukung dengan parkiran yang luas dan adanya fasilitas-fasiltas seru lainnya.

5. Fasilitas Seru Lainnya yang Disebutin Barusan

Kita bisa merasakan sensasi pacaran di angkasa di Planetarium!

Untuk pengunjung perorangan, bisa datang di hari biasa jam setengah 5 sore, atau di hari Sabtu dan Minggu dari jam sepuluh sampai setengah 3 sore. Durasi setiap pertunjukkannya itu 1 jam dan dibuka sebanyak 4 sesi pertunjukkan. Untuk jadwal lebih jelas, bisa klik ke sini.

Selain Planetarium, di TIM juga ada 2 gedung pertunjukan, yaitu Graha Bhakti Budaya dan Teater Jakarta. Karena lebih muda, Teater Jakarta terhitung lebih megah dan nyaman untuk menyaksikan sebuah pertunjukkan, entah itu drama musikal atau pertunjukan lainnya.

Di belakang TIM juga ada Kineforum yang sering menayangkan film-film dokumenter atau film anti-mainstream. Bagi yang nyari ide atau jenuh dengan film yang gitu-gitu aja, layak dicoba nih. Buat yang merasa hipster abis, monggo lho.

Lokasinya masih berada di kawasan TIM. Dari TIM XXI belok ke kanan, ke arah IKJ. Nanti di sebelah kanan, kalian akan menemukan tangga kecil untuk masuk ke Kineforum.

Bagi penikmat buku, di TIM kalian juga bisa menemukan toko buku-buku jadul. Dengan membeli sebuah buku klasik di sini, kalian selangkah lebih dekat untuk menjadi seperti Rangga di film AADC. Selamat!

TIM

Dengan banyaknya variasi makanan dan hiburan, jalan Cikini jelas jadi tempat romantis menurut gua. Karena di sini, kita bisa menghabiskan waktu berlama-lama dengan orang yang ingin berlama-lama kita habiskan waktu. Masih bingung? Sama.

Well anyway,

Semoga postingan ini membantu kalian yang lagi bingung weekend besok mau ke mana. Bawa aja uang sekitar 300,000 untuk berdua dan nikmati jalan Cikini sedari pagi. Gua jamin, kencan kalian akan mengenyangkan dan menyenangkan.

Yuk!

PS: Tempat kencan favorit kalian di mana? Share dong!

Advertisements

Tagged: , , , ,

36 thoughts on “His Romantic Place: Sepanjang Jalan Cikini!

  1. Mol April 12, 2013 at 11:26 Reply

    my favorite: Cheesecake Factory.

    • Roy Saputra April 12, 2013 at 11:28 Reply

      cheese blueberry-nya emang juara banget :9

      • Mol April 12, 2013 at 11:34 Reply

        I like blueberry. Brokenhearted people like blueberry.

  2. arievrahman April 12, 2013 at 11:30 Reply

    Kemarin harusnya ke planetarium sama dia, etapi tiketnya abis :(

    Terus kami nonton sih jadinya :3

    • Roy Saputra April 12, 2013 at 11:36 Reply

      dia? sebut aja kali namanya, Riev. sebut! SEBUT!

      *cc: voldemort*

  3. presyl April 12, 2013 at 11:31 Reply

    dari sekian banyak tempat yg lo sebutin tadi, tinggal Bakoel Koffie yg belum pernah gw cobain roy, enak kayaknya ya?
    eh ada tuh, deket bubur cikini dikenalnya “ayam satu” chinese food gitu roy, dibilang ayam satu karena penjualnya teriak-teriak mulu klo ada pelanggan dateng, yg mesti dicobain es durennya roy, mantap bener.

    btw itu deket gado-gado bonbin ada yg jual es krim enak juga tuh, pas kan abis panas-panas makan di bonbin makan es krim.

    *yang ditanyain tempat kencan ini malah ngomongin tempat makan lagi* -_-

    • Roy Saputra April 12, 2013 at 11:38 Reply

      wah, “ayam satu” kudu dicoba nih.
      yang es krim deket bonbin malah gua belom pernah liat.
      bakoel koffie lebih ke suasananya sih. enak buat duduk-duduk dalam jangka waktu lama.

      thank you rekomendasinya, pres! :D

      • getha April 28, 2017 at 14:45 Reply

        ini gw kenalnya mie treak.. soalnya yg jual treak treak mulu

        mie ayamnya enak

  4. Gita Diani Astari April 12, 2013 at 22:10 Reply

    Asoooy kapan-kapan ke sini, ah. Sekarang nyari pacarnya dulu ._.

  5. zepboy April 15, 2013 at 19:23 Reply

    Bang keren bang tempatnya bang. sekalian cari pacar bisa ga disana? atau abang ada rekomendasi gitu? #lah
    kalo gue sih tempat kencan favoritnya ya masih braga dan kota tua sih. kalo di braga bisa cobain eskrim di sumber hidangan. bisa juga coba kue-kuenya disana. jalan sedikit ada mie reman. mienya lumayan juara. pedesnya juga ga nyengat di hidung. kalo di kota tua cobain dari museum ke museum bang. terutama museum wayang sama museum BI. enak deh kalo buat pacaran sambil liat-liat perkembangan keuangan. jangan cuma diliat perkembangan uang di dompet aja.

  6. Roy Saputra April 15, 2013 at 22:39 Reply

    *catet*

    kota tua emang seru tuh. dari museum ke museum :3

  7. mona April 17, 2013 at 20:13 Reply

    Sbnernya nongkrong di tangga2 depan TIM yg bnyk tukang jualan kaki 5nya jg seru tuh. Pesen makanan&minuman macem2 trs duduk aja gitu sambil ngobrol2 sm si pacar. Kdg2 suka ada anak2 ikj perform ga jelas tp seru..tp kayanya skrg klo lwt TIM udh jarang liat kaki 5 di depan TIM. Udh digusur satpol pp kah?

    • Roy Saputra April 18, 2013 at 08:19 Reply

      masih ada kok pedagang kaki lima kalo malem-malem :D

      yang pertunjukan anak IKJ sekarang lebih sering di depan XXI atau graha bhakti budaya :D

      • mona April 20, 2013 at 13:41 Reply

        Ahh sip lah kalau begitu ^^

  8. dodo July 20, 2013 at 14:43 Reply

    Kalo ke Cikini, gw jadi inget Nyokap sama Bokap gw….
    Mereka kalo sakit ke RS Cikini Soalnya… hiks hiks…
    Thx inpo nya… nanti kalo lagi jaga bonyok sakit, gw coba maen2 ke tempat2 yang oom sebutin deh…

    • Roy Saputra July 22, 2013 at 07:58 Reply

      ho oh, om dodo. wajib dicoba deh tempat-tempat yang gua sebut di postingan ini. semoga cocok sama seleranya :D

  9. Nad Paritrana December 3, 2013 at 18:15 Reply

    Ke Cikini.. Hadeuuuhh.. udah bawa berapa mantan pacar ituh ksana..
    #semogagaadamantanyangbaca.. Emang banyak cerita disanah, cerita baik atau kurang baik #iniapasik

    Cobain 2 macem bubur ayam Roy, satu lagi gak jauh dari bakoel koffie, beda gagrak dengan yang di depan KFC :).. saya syukah…

  10. nadhira December 17, 2013 at 14:31 Reply

    wah. gue pernah ke Cikini! ke pool Cipaganti disana…
    *hening*
    *gandeng sopir travel*

    • Roy Saputra December 17, 2013 at 15:13 Reply

      *beliin chiki biar makin akrab sama sopir travelnya*

  11. Idjzulz Zulkifli June 20, 2014 at 10:38 Reply

    Om, bisikin HTM planetarium dongggg…

    • Roy Saputra June 20, 2014 at 13:48 Reply

      ada link-nya si planetarium kok di postingannya. tapi terakhir gua ke sana lagi direnovasi, jadi ga tau deh harga yang itu masih berlaku apa ga.

  12. Gita August 21, 2014 at 11:50 Reply

    Hmmm..cikini

    Kelaperan malem-malem kliling-kliling dapetnya makan KaeFCe sama pacar tapi bukan, teman tapi mesra..*halah #lupakan

  13. deasy August 21, 2014 at 14:25 Reply

    one of my favorite place !!!
    buanyak banget kenangan . semua yang di sebutin sudah di jajahin ,
    well gapernah bosen sama pertunjukan planetarium !
    romantis emang, apalagi sm yg skrg si anak rantau jadi bener2 jalan kaki :3

  14. aya June 7, 2015 at 09:32 Reply

    sumpah keren bgt posthinganya.. tp plis angkutan apa aja yg dinaiki kl turun dari stasiun cikini?? biar gak nyasar hehe :p

    • Roy Saputra June 8, 2015 at 09:50 Reply

      kalo dari stasiun Cikini bisa naik metromini P 17 :D

  15. pizza delivery depok June 16, 2015 at 10:36 Reply

    oalah itu toh pempek megaria yang fenomenal.. pengen deh nyobain sekalian main ke planetariumnya hehe

  16. Bernadine Hendrietta August 12, 2015 at 11:37 Reply

    Roy! Kalo dari Stasiun Cikini ke Bakoel Koffie modal dengkul, jauh gak ya? Berapa menit kira-kira? Kalo angkutan umum naik apa? Muter-muter tapi ya?

    • Roy Saputra August 17, 2015 at 18:55 Reply

      kalo angkutan umum itu bisa naik metromini P17, Ta. trus turun di depan TIM abis itu jalan dikit deh ke Bakoel Koffie nya :D

  17. anna September 18, 2015 at 12:59 Reply

    tempat kenangan saya n mantan (doain aja balikan lagi sama dia) :D :)

  18. Thatha December 12, 2015 at 15:48 Reply

    bg klau dri RS.Cikini, mau ke tempat2 yg abg rekom tuh naik apa aja yah, klau naik metro 17 trunnya di mana ??
    aku anak Medan, lgi platihan d RS.Cikini..
    Mhon infonya.. Thx..

    • Roy Saputra December 16, 2015 at 09:28 Reply

      kalo dari RS Cikini bisa naik metro 17 yang ke arah stasiun. turun aja di ujung jalan Raden Saleh terus jalan ke arah kanan. dari situ berjejer deh :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: