Berbagi (Lewat) Blog

DISCLAIMER: Postingan di bawah ini ditulis oleh teman pembaca saputraroy.com; Trivena Indarti secara sukarela, tanpa todongan senjata tajam, ataupun di bawah ancaman siraman teh manis juru bicara ormas tertentu. Untuk membaca tulisannya yang lain, bisa main ke fruitmapple.wordpress.com atau follow @rifens_tree Terima kasih.

Menurut gue, selain untuk ngehabisin waktu nganggur, orang yang main internet itu untuk cari informasi atau sharing apa yang mereka punya. Yang satu nyari, yang satu lagi berbagi. Search and share. Dan internet menjadi seperti jembatan yang mempertemukan keduanya.

Sebagai mahasiswa tingkat tinggi –yang tugas kuliahnya udah kayak penduduk Indonesia alias bejibun–, gue sering ngehabisin waktu luang untuk main internet. Buka Twitter dan blog itu adalah dua hal yang paling sering gue lakuin untuk search apa aja yang orang lain coba share.

Buat gue, blog itu media bagi kita untuk nulis segala sesuatu yang kita pengen. Entah itu pengalaman pribadi, cerita-cerita ringan tentang kehidupan, atau tentang apapun yang kita suka. Lewat blog ngga jarang kita bisa mengambil banyak banget inspirasi dari orang-orang lain yang bahkan belum kita kenal. Berbagi. Menurut gue itu prinsip dari sebuah blog selama ini.

Nah, setelah sekian lama berada di sisi search, kali ini gue mau menyebrang jembatan dan mengambil peran di sisi share. Gue mau berbagi 5 blog favorit gue nih. Favorit karena gue sering buka blog-blog ini dan emang isinya asik-asik banget. Inspiratif gitu!

anastasiameira.wordpress.com (Meira Anastasia)

Pertama kali gue mulai baca blog, ya, blog teteh cantik ini. Blog ini berisi tentang kehidupan teh Meira. Pengalaman dia jadi seorang wanita, istri, teman, dan seorang ibu bagi Sky tumpah ruah di sini.

Postingannya simple tapi inspiratif karena banyak banget pelajaran yang bisa gue petik. Misalnya bagaimana teh Meira mengapresiasi dirinya sendiri atau bagaimana cara dia menghadapi situasi baru dalam fase hidupnya. Seperti postingan teh Mei di “Menjadi ‘Aku'” yang bercerita tentang teh Mei yang mencari jati dirinya sendiri di tengah-tengah fase hidupnya yang baru. Dan lewat postingan “Aku dan Alien Ini” teh Mei bercerita tentang menjadi ibu muda yang menganggap anaknya –Sky– sebagai ‘mahkluk asing’ di hidupnya. Ini favorit gue banget!

Dari blog ini juga gue jadi tau kalau jadi ibu muda itu ngga gampang dan penuh perjuangan banget!

jekjeki.blogspot.com (Barry Williem)

Gue sering nyebut blog ini sebagai blog galau.

Di dalam blog ini hampir semuanya adalah postingan galau Barry Williem yang susah move on. Tapi ngga hanya itu aja sih. Ada juga pengalaman dia yang pengen punya topi asal Rusia, tentang dunia stand up comedy yang sedang ia geluti, atau tentang rutinitas dia sebagai mahasiswa yang bakal jadi durjana. Kenapa durjana? coba baca postingan yang judulnya “Ini Tentang Jeritan Hati Si Mahasiswa Murtad”. Mungkin bagi Barry Williem jadi mahasiswa itu mirip-mirip kayak lagi kerja rodi: siksaan bertubi-tubi!

Ini adalah salah satu blog yang bikin gue nangis bombay waktu baca cerita perjuangan cintanya. “Mission Impossible”–nya dia bener-bener bikin gue sadar kalo cinta itu sebenernya gampang didapet tapi susah banget ngelepasinnya. Memang, pada akhirnya cinta itu butuh pengorbanan.

shitlicious.com (Alit Sutanto)

Pertama kali gue tahu blog Alit itu dari temen gue yang bilang blognya Alit itu gokil! Akhirnya gue coba cari dan ternyata gokil beneran! Postingan pertama yang gue baca adalah tentang gimana mas Alit masak ikan sardine. Di postingan “Dapur Hancur Bersama Chef Alitt” ini, mas Alitt masukin kaleng sardine ke dalam oven beserta piring sebagai alas dari si kaleng dan… meledaklah si kaleng sardine! Satu kata buat dia: NGERI!

Di blog ini, mas Alit juga bikin beberapa cerita tentang kehidupan sehari-hari. Contohnya potingan “Hal Besar Dari Masa Kecil”  yang isinya tentang kehidupan masa kecil mas Alit yang bikin gue jadi nostalgia ke masa-masa waktu gue kecil dulu. Yang paling gue tunggu dari blog mas Alit adalah postingan dia setiap malam minggu yang ditujukan untuk menghibur para jomblo-jomblo teraniaya! Hahaha! Dan hal kedua yang gue tunggu adalah kelulusan Mas Alit. Jadi, Mas Alit cepet lulus kuliah ya!

inijie.com (Jiewa Vieri)

Blog ini gue namain sebagai blog penyiksaan perut dan hasrat mahasiswa yang berkantong seret. Iya, ini adalah blog kuliner. Gue mantepin lagi: KU-LI-NER!

inijie

Di dalem blog ini, Jiewa mengulas semua tentang seluk-beluk kuliner di Indonesia. Tapi setau gue, yang paling banyak itu kuliner dari Surabaya. Jadi, bagi siapapun yang mau jalan-jalan dan wisata kuliner di Surabaya emang paling pas kalo ngunjungin blog satu ini karena isinya full tempat-tempat dan makanan-makanan yang harus dicoba di Surabaya.

Gue pernah coba buat nyoba beberapa makanan yang ada di blog ini kayak Bakso Jalil dan Caramelized Butter Crab bareng temen dan keluarga. Dan bagi gue, makanan-makanan itu emang recommended banget. Cocok sama lidah gue. Asiklah pokoknya!

saputraroy.com (Roy Saputra)

Kalo ngomongin blog yang satu ini mulut gue bisa langsung manyun, senyum-senyum gak karuan. Pertama kali gue tau blog ini dari Twitter Om Roy sendiri yang sebelumnya udah gue follow. Blog Om Roy ini isinya komplit, sekomplit hatiku padamu deh! Mulai dari cerita sehari-hari sampe travelling ke tempat-tempat asik. Kayak bulan Juni lalu, Om Roy nulis tentang travelling ke tempat-tempat nyempil di Bali. Dan itu bikin gue jadi pengen cepet-cepet liburan ke sana lagi.

Asiknya lagi blog ini tiap bulan ganti-ganti temanya, jadi ngga bakal bikin bosen. Selain itu ada yang namanya wawancaur alias wawancara gila-gilaan. Seru ngga? SERU POL POKOK’E!

Blog ini recommended banget buat bacaan sehari-hari waktu bete di kampus, waktu kena macet,  dan buat bacaan waktu nunggu jodoh datang nyamperin. Tsaaah!

Banyak orang berfikir bahwa berbagi itu identik dengan harta dan benda, padahal apa yang sedang kita lakukan juga bisa disebut berbagi. Contohnya dengerin temen-temen curhat, ngasih ide-ide dikerjaan di kantor, dan saling cerita tentang kehidupan sehari-hari dengan orang-orang yang kita sayang. Itu juga udah bisa disebut berbagi lho. Jangan berpikir tentang hal-hal muluk dulu deh saat ingin berbagi. Seperti contohnya blog-blog diatas, lewat tulisan mereka gue bisa ambil banyak banget pelajaran yang mungkin sebenernya mereka sendiri ngga sadar kalo tulisan mereka bisa ngebawa perubahan.

Start sharing with others in any form because you will never know the changes that follow!

Advertisements

Tagged: , , , , ,

13 thoughts on “Berbagi (Lewat) Blog

  1. zepboy July 12, 2013 at 20:33 Reply

    bang bagi bang. bagi pacar bang. eh, ini yang nulis kali ini cewe kan? iya kan?

  2. kalengorange July 13, 2013 at 09:20 Reply

    Setujuh ama tulisan ini.. Kadang penulis blog emang suka tanpa sadar berbagi pada pembacanya lewat tulisan-tulisannya. ^^

  3. kalengorange July 13, 2013 at 09:21 Reply

    Setujuh ama tulisan ini.. Penulis blog emang kadang suka tanpa sadar berbagi lewat tulisan-tulisannya yang menjadi inspirasi buat yang baca..

  4. linxnya linx July 14, 2013 at 12:50 Reply

    beberapa minggu yg lalu, temen gue bilang ‘bulan juli ntar gue ngisi blognya roy’, gue kira becanda ternyata beneran..
    eniwei, kayaknya gue tau siapa yang rekomen shitlicious ke trivena :D. good job, linx. thanks roy udah post tulisan temen gue :D

  5. fruitmapple July 16, 2013 at 10:46 Reply

    Thank you yang uda baca :)

  6. Kevin Anggara October 12, 2013 at 21:01 Reply

    Blog-nya om Roy jadi hal yang wajib gue buka setiap blogwalking dan online hahah.

  7. gusmang December 28, 2013 at 04:55 Reply

    tapi terkadang sebagai blogger yang selalu berbagi, entah itu sadar nggak sadar, ada rasa kecewa ketika stats naik tapi nggak ada yang komen. Alias kedatangan silent reader :’)
    Bang, mungkin punya kiat-kiat untuk mengurangi Silent Reader.

    • Roy Saputra December 28, 2013 at 08:43 Reply

      stats naik aja udah bagus kok, jangan berkecil hati.

      ngakalin biar pada komen mungkin dengan bertanya di ujung postingan, atau dengan komen juga di blog orang lain.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: