Tips Ngopi Darat!

Sebagai penggiat media online, kita pasti udah familiar dengan istilah Kopdar alias Kopi Darat. Ini adalah istilah yang digunakan ketika dua orang yang udah kenalan secara online, dan mau bertemu secara offline atau tatap muka. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat pada kalimat contoh di bawah ini:

“Hai, Len. Kita udah lama chatting-chattingan gini tapi belum pernah ketemuan. Kopdar yuk?”

Kalimat di atas adalah contoh penggunaan kata Kopdar pada kalimat yang benar.

“Duh kerjaan lagi banyak banget. Kalo begini terus, bisa kopdar deh!”

Nah, kalimat tadi adalah contoh penggunaan kata kopdar pada kalimat yang salah. Untuk hasil yang lebih baik pada kalimat terakhir, gunakan kata modar. Iya, tadi itu maen plesetan. Iya, iya, maen plesetan emang udah ga Muksin. Jangan protes terus. Herman deh.

Lanjut.

Kopi darat awalnya digunakan oleh anak-anak radio amatir yang saling berkenalan lewat udara. Ketika pada akhirnya para penggiat radio amatir itu mau bertemu secara langsung di darat, biasanya sambil ngopi-ngopi. Makanya lahirlah istilah kopi darat. Memang sih, pas ketemu itu ga mesti di tanah dan ngopi-ngopi. Tapi agak aneh aja kalo ternyata istilah ketemuan secara langsung ini jadi Temulawak Air. Jadi mirip nama biawak.

Seiring dengan berkembangnya jaman… cailah, udah kayak latar belakang skripsi aja. Ganti. Secara jaman makin canggih (nah ini lebih pas), kopdar udah ga lagi dipake sama penggiat radio amatir, melainkan rame di kalangan anak twitter dan blogger. Ga jarang, cinta pun bersemi secara online dan berlanjut ke offline.

Nah, kali ini gua mau bagi-bagi tips buat kalian semua, wahai handai taulan-sanak saudara-sayur mayur. Tips tentang apa-apa aja yang mesti disiapin atau dilakuin ketika mau kopdar sama gebetan online.

Here we go.

1. Avatar-genic

Software Photoshop bajakan udah di mana-mana. Aplikasi memperindah foto juga udah bisa didonlot secara gratis di smartphone. Karena itu, berhati-hatilah ketika ngajak kopdar hanya berdasarkan avatar Twitter atau satu foto yang ia post di blog. Sebaiknya atur ekspektasi lu, biar kalo ternyata yang muncul ga sesuai harapan, lu ga kecewa-kecewa amat.

Kalo emang niat, coba lu cari akun facebook-nya, lalu cari foto tapi yang bukan dari albumnya, melainkan foto candid dirinya yang di-tag dari album foto temennya. Karena foto candid biasanya lebih natural dan ga pake aplikasi macem-macem.

Fotonya masih ga jelas? Ya udah, jaga ekspektasi aja. Jangan malah sibuk nanya-nanya deskripsi dia kayak gimana sebelum ketemu.

“Mancung?”
“IYA.”
“Bule?”
“TIDAK!”
“Rambut sebahu?”
“BISA JADI! BISA JADI!”

Jangan gitu ya.

2. No gadget!

Hargai kehadirannya dengan ga maen gadget mulu. Dia dan lu sama-sama orang asing yang udah ngambil resiko meluangkan waktu beberapa jam untuk ketemuan. Nah, jangan meremehkan resiko itu dan maksimalkan waktu yang ada. Jangan malah asik maen hape, apalagi sampe kultwit.

Kalo takut bingung dan mati gaya, siapin aja topik pembicaraan sebelum ketemuan. Lu bisa cari tau kira-kira topik apa yang bakal nyambung sama dia dari twit-twitnya. Misalnya, dia sering ngetwit soal politik, ya ngobrollah tentang politik, jangan malah bahas Malam Anugerah Dangdut. Tapi pastiin juga kalo lu nyaman dengan topik itu. Jangan berpura-pura demi cinta.

Atau yang paling gampang, bahas aja salah satu postingan blognya yang paling menarik menurut lu. Tapi jangan bahas semua dan detail satu per satu, nanti lu disangka lagi ujian kompre tingkat akhir.

3. Stay woles

Selain jangan grogi, maksud stay woles di sini adalah bikin kopdar pertama itu santai, nyaman, dan ga tendensius. Meski pas udah ketemu ternyata lu suka banget sama doi, bukan berarti harus diburu-buru.

Karena ini ketemuan pertama kali, ajaklah doi ke tempat yang jelas dengan kegiatan yang juga jelas. Rencanakan dengan baik kopdar lu. Mau ke mana, ngapain, jam berapa, gimana ke sananya. Ngerencanainnya harus woles. Jangan ngajak ketemuan di KUA. Apalagi sampai ngajak penghulu. Jangan aja.

Menurut gua, nonton film sore-sore dan diakhiri dengan makan malem itu paling aman untuk ngajak kopdar. Atau makan siang lalu lanjut ke toko buku bareng-bareng juga terdengar natural. Jangan ngajak nyekar kuburan lintas kotamadya atau ngajak bercocok tanam daun ganja. Jangan aja.

Selain tempat dan waktu, susunan topik obrolannya pun harus woles. Dimulai dari yang kasual seperti bertanya cuaca atau topik yang lagi happening. Kalo dia udah mulai nyaman sama lu, coba tanya tentang keluarga atau kehidupan pribadinya. Pelan-pelan aja. Jangan ujug-ujug lu langsung nanya ‘kamu mau emas kawin apa?’ atau ‘enaknya namain anak kita siapa ya?’

Woles, Bray. Woles.

4. Bersih dan nyaman

Eits, kalimat di atas bukanlah jargon sebuah kabupaten. Tapi itu kiat terakhir dari gua buat kalian yang mau kopdar sama gebetan online.

Kunci pertama agar bersih dan nyaman adalah mandi sebelum ketemuan dan badan dalam keadaan bugar. Wajah yang fresh akan terlihat lebih cantik atau ganteng. Sebagai catatan, kondisi tadi tidak berlaku untuk Andhika eks-Kangen Band.

Usahakan bugar dan jangan suntuk. Hindari ketemuan sehabis bergadang ngerjain deadline. Keadaan kurang tidur akan bikin otak buntu ketika mau ngobrol. Alhasil kita bisa ga nyambung atau malah banyakan diemnya daripada ngobrolnya. Nanti gebetan lu bisa bete!

Selain bersih, pastiin juga kalian pake baju yang nyaman dan lu banget. Selain ga risih selama ketemuan, baju yang lu banget juga bisa jadi ajang ‘ngejual’ diri lu. Misalnya lu suka musik metal dan yakin kalo gebetan juga suka, pakelah baju-baju yang berbau metal-metalan. Kalo misalnya lu blogger, pake baju yang berbau-bau blog lu. Contohnya kayak baju gua ini nih:

Kaos!

Yes! I’m a Life Enthusiast!

Keren ga? Keren ya? Keren deh? Keren lah…

Mau bikin kaos customize kayak gua juga? Gampang! Tinggal order aja ke @Route28_Tees! Bahannya adem dan ukurannya pas di badan. Dan tenang aja, minimal pemesanannya ga mesti selusin, apalagi segerobak. Cuma sepotong bisa langsung pesen! Ga percaya? Coba cek aja info lebih lanjutnya di akun @Route28_Tees atau SMS ke 087825406882.

Dijamin, kaos yang nyaman dan lu banget, bisa bikin kopdar sama gebetan online jadi lancar jaya!

Sekian tips ngopi darat dari gua. Semoga yang mau ngopi darat bareng gebetannya bisa sukses setelah baca kiat-kiat a la gua ini. Ayo buruan dah, ajak gebetannya ketemuan. Mumpung lagi puasa, ngopi daratnya bisa dikamuflasekan sebagai buka bersama. Pas kan tuh?

Nah, kalo kalian sendiri punya tips ngopi darat sama gebetan? Share dong di kolom comment! Yang share tips paling menarik, bakal gua kasih hadiah! Yaitu 1 (satu) kaos saputraroy.com kayak gambar di atas, persembahan @Route28_Tees! Uhuy!

Deadline kuisnya sampai akhir bulan ya! Ditunggu! :D

Advertisements

Tagged: , , , , , ,

8 thoughts on “Tips Ngopi Darat!

  1. Wahyu (@thewayyuare) July 23, 2013 at 12:36 Reply

    datanglah tepat waktu.. ehh ini unik gak sih? BISA JADI BISA JADI !

  2. cewephlegmatis July 23, 2013 at 13:38 Reply

    jangan bawa temen, ntar doi malah kepincut sama temen lo *eh

  3. dodo July 23, 2013 at 14:24 Reply

    Hati2 yang mo kopdar dengan orang yang bener2 belum dikenali.
    jangan sampai jadi koban trafficking, pemalakan, pemerkosaan, perampokan, penodongan, dsb.
    Saran gw sebelum kopdar, kenalan akrab dulu deh. Lakukan background check. Periksa blog dia, FB dia, twitter dia. Emang kayak stalker sih, tapi pastikan dia orang baik2.

    “Kejahatan bisa terjadi bukan saja karena ada niat si pelaku, tapi kejahatan juga bisa terjadi karena ada kesempatan. Waspadalah,, waspadalah,, waspadalah!!!

  4. Metha July 23, 2013 at 16:31 Reply

    Aku kira dulu yang namanya roy saputa itu udah om-om, ternyata, eh benerr! :D
    Thanks intips nya om roy

  5. ridoarbain July 23, 2013 at 19:06 Reply

    – Hindari kopdar dengan kenalan yang terindikasi sebagai penjual produk herbal. Kan nggak lucu, kalo pas ketemuan, obrolan kalian malah menjurus pada hal-hal berbau propaganda, kekayaan, kenyaman hidup, prestise, kemewahan, tamasya, kendaraan mewah, penghasilan yang luar biasa, dan tamasnya keliling
    dunia pakai kapal pesiar. Ya, intinya jangan terjebak ajakan jadi downline MLM bermodus kopdar.

  6. Rezky Chaerani July 26, 2013 at 10:26 Reply

    Sebelum kopdar hindari pemakaian bahasa yg sok Imut, bisa jd pas kopdar orangnya Amit-amit. Saat kopdar hindari pemakain gadget yg berlebih ,mentang2 punya Talenan yang bisa main game truz kita jd pamer,bisa jd dia Matre. Dan jangan kebanyakan curhat masalah pribadi,karna dia bukan Mamah Dedeh!

  7. Soie September 9, 2014 at 15:43 Reply

    lucu yah

  8. […] beragam, media sosial yang bervariasi, serta banyak juga tips-tips bagaimana mempersiapkan sebuah kopi darat agar bisa sukses sesuai harapan yang bertebaran di situs-situs internet. Satu hal yang perlu […]

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: