5 “Jangan Lupa” Jika ke Batu

Liburan kemerdekaan kemarin, gua traveling ke Surabaya bareng pacar dan keluarga. Ga hanya Surabaya, tapi kita juga mampir ke kota wisata terdekat dari Surabaya: kota wisata Batu.

Disebut kota wisata karena memang sebagian besar penghasilan kota tersebut berasal dari industri pariwisata. Mulai dari penginapan dan restoran, semuanya dibangun demi mendukung suksesnya pariwisata di Batu. Udara kota yang sejuk cenderung dingin memang sangat menopang status Batu sebagai kota wisata. Sejak tiba di Batu, tulang punggung gua menjadi lembek dan bawaannya pengen rebahan mulu.

Nah, bagi yang mau traveling ke Batu, baik sendiri, bareng pasangan, atau rame-rame sama keluarga, di postingan kali ini gua mau berbagi “jangan lupa” apa aja yang perlu diingat versi Roy Saputra. Seperti yang selalu gua bilang tiap kali gua ngepost tips begini, anggap aja ini sebagai bentuk sumbangsih gua buat bangsa dan negara.

Auwo.

1. Jangan lupa mampir ke restoran H. Sholeh!

Jika kita ke Batu dari arah Surabaya, maka hampir bisa dipastikan kita akan melewati restoran ayam goreng dan ikan bakar H. Sholeh… kecuali jika kalian ke Batu naik burung rajawali sama Mantili.

Restoran ini terletak di jalur utama Malang – Batu, kawasan Karangploso, tepatnya di jalan Kertonegara. Nanti adanya di sebelah kanan jalan. Cari aja spot yang rame di jalur sana, pasti itu restoran H. Sholeh… ya atau bisa juga yang rame-rame itu lagi pada nontonin kecelakaan lalu lintas.

Jangan lupa untuk mampir ke sini, dan tentu saja, makan. Jangan cuma mampir, foto-foto, lalu upload ke instagram. Pesanlah ayam goreng 1 ekor untuk porsi 2-3 orang. Ayam dengan ukuran sedang ini digoreng garing dengan bumbu yang meresap di setiap suwir dagingnya. Gurih dan menggoyang lidah banget!

Kalo kita pesen 1 ekor, kita ga hanya dapet komponen utama seperti paha dan dada, tapi kita juga dapet leher, ceker, sampe ati dan ampelanya. Lengkap banget. Jika kalian ada waktu luang, mungkin bisa sekalian maen puzzle nyusun ayamnya jadi utuh lagi.

h sholeh 1

Harganya pun sangat terjangkau. Untuk 1 ekornya, kita hanya perlu merogoh kocek sedalam 40ribu-an. Dan jangan lupa memesan makanan pedampingnya, seperti tempe tahu bacem, serta sambel terong.

Semuanya dijamin enak!

2. Jangan lupa ke Batu Night Spectacular!

Batu Night Spectacular, atau yang biasa disingkat dengan BNS, adalah pasar malam yang berisi wahana, atraksi, dan toko segala rupa.

Terletak berdekatan dengan Jatim Park 2 dan Eco Green Park, BNS menawarkan sensasi nongkrong malem-malem di cuaca yang sejuk menjurus dingin. Dengan uang 20ribu rupiah, kita bisa masuk dan melihat betapa serunya suasana malam di BNS. Eits, tapi hanya liat-liat aja. Karena kalo mau main, kita diharuskan untuk membayar 10-20 ribu per wahananya. Bagi yang bawa mobil, jangan khawatir. Parkir yang luas dan aman tersedia di 2 titik dekat BNS dengan biaya parkir yang sangat bersahabat.

Ada banyak wahana di dalam BNS yang patut dicoba. Kalo kalian pecinta adrenalin, coba masuk ke rumah hantu yang berada ga jauh dari pintu masuk. Bagi penggiat foto dan pengidap narsis akut, bisa masuk ke area lentera yang ada di sebelah kiri dari pintu masuk. Dengan uang 15ribu, kita bisa foto-foto seperti ini:

lampion 1

lampion 2

lampion 3

Yang jangan dilupakan lagi dari BNS adalah, jangan ke sini saat hari biasa. Usahakan ke BNS saat weekend atau tanggal merah lainnya. Kata penduduk lokal sana, suasana BNS akan sepi dan cenderung membosankan di hari biasa. Meski biasanya gua ga gitu suka keramaian, tapi rasanya bermain sendirian di BNS jelang tengah malam memang akan terasa seperti jurit malam ketimbang liburan.

3. Jangan lupa bawa jaket!

Seperti yang gua bilang di atas, kota wisata Batu berudara sejuk menjurus dingin. Siapkan pakaian tebal atau jaket apalagi jika mau keluyuran malam-malam. Daripada sakit dan bisa merusak suasana liburan, mending siapin deh alat-alat pemenuh kehangatan dari rumah. Sweater tebal hadiah ulang tahun? Bawa! Jaket keren menang kuis? Bawa! Pacar yang mau meluk 24 jam? Bawa! Kompor yang baru dimatiin? Bawa!

Semua deh dibawa!

4. Jangan lupa paket ekonomis!

Jika pusat keramaian di malam hari adanya di BNS, maka ada 3 titik atraksi yang menarik untuk didatangi dari pagi sampai sore: Jatim Park 1, Jatim Park 2, dan Eco Green Park. Jatim Park 1 berisi mainan yang mirip dengan BNS. Jatim Park 2 dan Eco Green Park mayoritas berisi koleksi binatang dan tanaman yang menarik untuk dilihat.

Maka, jika kalian adalah rombongan remaja atau keluarga tanpa anak kecil, gua menyarankan agar ke Jatim Park 2 dan Eco Green Park aja. Jangan main wahana di Jatim Park 1 karena kalian bisa menikmati wahana yang mirip langsung di BNS saat malam. Dan jangan lupa, ambil paket ekonomis!

Jika mau ke 2 atau 3 wahana sekaligus, manajemen menyediakan paketan dengan harga yang lebih murah daripada jika kita membeli satuan. Waktu itu gua mengeluarkan uang 110ribu untuk paket Jatim Park 2 dan Eco Green Park.

Lumayan kan?

5. Jangan lupa menginap!

Karena banyaknya atraksi dan wahana yang harus dikunjungi, gua sangat menyarankan untuk menginap. Main Jatim Park 2 dan Eco Green Park di pagi sampai sore, lanjut BNS di malam hari, pasti ga menyisakan tenaga lagi untuk pulang ke Surabaya dengan durasi 3-4 jam.

Dengan menginap, kita juga bisa merasakan dinginnya kota Batu, yang kalo lagi musim hujan, bisa terasa sangat menusuk ke tulang. Lalu kelilinglah malam-malam ke alun-alun kota buat makan jagung bakar atau bakwan malang. Akan jadi sebuah pengalaman baru yang menyenangkan.

Jangan lupa memesan hotel atau vila beberapa minggu sebelum biar ga keabisan. Saran gua, coba deh nginep di Batu Suki. Letaknya yang agak jauh dari pusat keramaian membuat Batu Suki tempat yang cocok untuk mendapatkan ketenangan bagi warga kota yang udah penat sama kebisingan. Vilanya bersih, stafnya ramah, dan sarapannya pun enak. Dengan harga 1.8 juta kita bisa mendapat vila dengan 3 kamar. Buat informasi lebih lanjut, bisa telpon ke (0341) 502 5351 atau main-main ke webnya di sini.

Dan ga cuma vila, tapi Batu Suki juga menyediakan kamar-kamar hotel yang langsung menghadap ke kolam renang.

batu suki 1

Asoy.

Nah, itu tadi 5 “jangan lupa” yang gua sarankan untuk jangan dilupakan jika ingin traveling ke kota wisata Batu, Jawa Timur. Jangan lupa nyobain restoran H. Sholeh, ke BNS, bawa jaket, ambil paket ekonomis, dan menginap. Semoga bisa membantu kalian yang lagi bingung mau ngapain jika traveling ke kota wisata Batu.

Ada yang pernah ke Batu dan ingin menambahkan? Sok atuh, bebas kasih tambahan di kolom komentar di bawah :D

Advertisements

Tagged: , , , , ,

10 thoughts on “5 “Jangan Lupa” Jika ke Batu

  1. WG Admin September 11, 2013 at 21:10 Reply

    Reblogged this on Willem Gaspersz and commented:
    Bisa jadi referensi nih, lain kali saya mampir :)

  2. khoirul.muslikin September 11, 2013 at 22:58 Reply

    6. Jangan lupa ke Pulau Sempu.
    7. Jangan lupa ke Semeru.
    8. Jangan lupa minta nomor cewek anak Malang.

    :))

  3. ankhe September 12, 2013 at 15:13 Reply

    foto di BNS nya romantic emang kalo ama pacar..dulu saya ama temen jadi biasa aja hihihi

    • Roy Saputra September 13, 2013 at 08:35 Reply

      ayo ke Batu lagi, kali ini sama pasangan :3

  4. carissayufita September 16, 2013 at 08:22 Reply

    di jatim park (lupa jatim park berapa) ada rumah hantu juga. seru banget. hihihihi. Batu emang kota yang romantis (karena dingin kali ya) hahahahahaha.

  5. potretbikers September 19, 2013 at 15:57 Reply

    Asyik juga jalan-jalan, sudah lama tak jalan-jalan….karena aktifitas yang fuel, hehehehe :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: