Wawancaur: Birthday Boy!

Apa ya rasanya di-wawancaur?

Berawal dari pemikiran itu dan dalam rangka ulang tahun gua tahun ini, maka dengan bangga kurangan dikit, gua mempersembahkan: wawancaur bersama Roy Saputra!

Setelah tau siapa narasumbernya, maka pertanyaan berikutnya adalah, siapa yang akan ngewawancaur? Siapa yang akan duduk di kursi penanya dan melemparkan pertanyaan awur-awuran untuk gua? Bertanya dan menjawab sendiri akan terdengar seperti lagu dangdut. Nanya, nanya sendiri. Jawab, jawab sendiri. Nyuci, nyuci sendiri.

Pikiran gua langsung tertuju ke kantor Metro TV. Tujuan gua jelas, gua pengen diwawancaur Najwa Shihab. Dengan gagah berani, gua menyetop angkot terdekat dengan tujuan ke Metro TV. Namun apa mau di kata, ongkos gua kurang dan diturunin di tengah jalan. Sempat berpikir untuk meminta bantuan tv berita berwarna merah, namun gua mengurungkan niat itu karena gua ga mau hanya ditanya ‘bagaimana perasaan Anda?’ oleh reporternya. Pilihan pun jatuh ke teman-teman terdekat. Yang melilntas di kepala gua adalah meminta bantuan Andy Noya, namun akhirnya tersadar, Andy Noya dan gua ga saling berteman.

Karena kepikiran ini, tidur pun susah meski makan masih nambah. Di tengah kekalutan itu, akhirnya gua terpikir satu nama: Tirta Prayudha, si @romeogadungan.

Wawancaur dengannya di sini jadi salah satu wawancaur favorit teman-teman pembaca blog. Kata mereka, caurnya kami berdua kerasa banget saat saling tanya jawab. Maka dari itu, gua pun memutuskan untuk meminta bantuan Tirta. Mau tau kayak gimana hasilnya? Simak aja di wawancaur kali ini.

Wawancaur adalah proses wawancara yang dilakukan secara awur-awuran. Pertanyaan disusun semena-mena dan boleh dijawab suka-suka. Proses wawancaur antara gua dan Tirta ini benar-benar dilakukan via Whatsapp saat Tirta lagi galau-galaunya. Gambar adalah milik pribadi narasumber. Terima kasih.

birthday boy

Ta, sempet wawancaur gua sekarang ga?

Bentar. Lagi nonton Titanic.

Jeeee. Lagi ngegalau pake lagu My Heart Will Go On ya?

Give me five minutes. Lagi tanggung. Lagi adegan Rose telanjang.

Mau masturbasi nih anak kayaknya (  ._.)/||

Hahaha. Udah nih. Yok kita mulai sesi wawancaurnya.

Gua kira lu mau lanjut ke Titanic XXX.

Taeee. Lo ganggu aja sih Roy. Gue lagi nonton Titanic dan lo nge-whatsapp pas di bagian Rose lagi telanjang. Kampret emang lo.

Hahaha.

Oke, langsung aja ya. Pertanyaan pertama. Sekarang lagi sibuk apa Roy? Anjis, basi amat pertanyaan gue.

Anjis. Emang nih, basi banget. Lagi sibuk kerja, nulis, sama sesekali berdagang ginjal buat modal nikah.

Pertanyaan kedua. Masih jadian ama Sarah?

Masih.

Sarah belom sadar juga?

Alhamdulilah, belom. Mantranya belom kadaluarsa. Tiap malem gua tambahin jampi-jampinya. Bisa beli online kok tuh jampi-jampi. Tinggal mention. Bisa jadi re-seller juga. Gratis ongkir, Sist.

Hahaha. Padahal kan jadiannya duluan gue eh putusnya… ah sudahlah.

Ye, dia curhat.

Nah, di wawancaur kali ini, selain pertanyaan asal-asalan dari gue, gue juga akan ngasih pertanyaan dari beberapa narasumber yang pernah lo wawancaurin dulu-dulu. Siap gak?

Siap dong!

Ini ada pertanyaan dari Dendi Riandi, si Solo Backpacker: “Gue kan mengenal lo sebagai seorang penulis bergenre komedi, sebelum lo menelurkan beberapa cerpen berending twist bangke gitu. Nah menurut lo sendiri, aslinya Roy itu gimana sih? Lucu kah atau malah tipe yang serius?”

Wah, pertanyaan bagus nih.

Gimana tuh, Roy?

Gue ini sebenernya orang yang serius. Sangat serius malah. Kalo mau ngelucu pun gua teliti dulu apa orang yang gua ajak ngobrol ini bisa diajak bercanda apa ga, nyambung sama gua apa ga. Kalo ga nyambung kan bisa-bisa salah bercanda dan malah bikin ga enak. Makanya gua cenderung diem kalo baru ketemu orang pertama kali.

Karena menurut gua, modal untuk jadi penulis komedi itu perlu keseriusan. Serius mikirin materi apa yang bener-bener lucu berhari-hari, hanya untuk ditertawakan beberapa detik. Dan itu perlu keseriusan banget.

Setelah Dendi, sekarang ada pertanyaan dari backpacker yang lain. Adis Takdos si Gembel Backpacker nanya: “Kapan nikah, Bang?”

Segera! Calon udah ada, tinggal ngumpulin dana aja nih. Makanya beli dong buku-buku gua biar dananya cepet kekumpul. Ya kalo ga mau beli buku, gua juga jual ginjal. Minat, mention aja. Kan mayan buat nambah-nambah bayar catering-an.

Wuih! Dibantu doa dari sini, Roy!

Amin!

Berikutnya pertanyaan dari Betamia Permata, si Overseas Employee: “Dari sekian buku yang udah pernah lo tulis, mana sih yang jadi favorit lo?”

Hmmm. Pertanyaan sulit nih. Setiap buku itu kayak anak yang gua kandung dan lahirin. Jadi susah buat nentuin yang mana favorit gua. Jadi, gua jawabnya gini aja deh.

Kalo dari segi teknis penulisan dan cara berkomedi, gua paling puas sama Lontang-Lantung. Plot dan jokes yang ada di buku itu udah gua kumpulin beberapa bulan sebelumnya. Jadi secara overall, Lontang-lantung terbaca lebih mateng dari buku yang lain.

Tapi kalo dari segi cerita dan emosi, gua paling suka Doroymon. Doroymon itu buku kedua gua yang bergenre personal literature.

Isinya tentang apa tuh, Roy?

Ini tuh cerita non-fiksi tentang 4 tahun perjalanan hidup gua sebagai mahasiswa di Teknik Industri UI. Rentang waktu itu adalah favorit gua sepanjang masa, di mana gua dapet banyak banget pelajaran tentang hidup. Maka buku yang menceritakan rentang waktu itu, jadi favorit gua sepanjang masa juga.

Ngomong-ngomong soal Lontang-Lantung, gue denger-denger mau dicetak ulang dan dibikin film, Roy? Beneran? Ciyus?

Pertanyaan yang bagus! Dan perlu dicatat, ini bukan pertanyaan titipan nih. Bagus-bagus!

Gue emang mengerti lo, Roy.

Ho oh, beneran, Lontang-Lantung lagi dikemas ulang dan bakal difilmin. Bulan September ini, Lontang-Lantung edisi baru bakal rilis dan kalo ga ada halangan, filmnya bakal nongol akhir tahun ini. Bantu doa ya.

Lo kenapa nulis komedi, Roy? Kenapa gak pilih genre lain? Cara berternak bebek misalnya?

Pada dasarnya, gua menulis apa yang ingin gua baca. Gua suka baca komedi, jadi ya gua nulis komedi. Dan menulis itu kan proses tulis-baca-tulis-baca yang terus berulang. Akan sangat menyebalkan kalo gua menuliskan sesuatu yang ga ingin gua baca.

Oke, berikutnya ada pertanyaan dari Evan Januli, salah satu narasumber yang pernah lo kulik-kulik di Dear Boys: “Kenapa kalo ulang tahun biasanya malah dikerjain pake tepung sama telor terus disuruh bayarin makan-makan? Padahal ulang tahun kan bikin pendek umur dia.”

Ini kayak pertanyaan di buku-buku SMS Humor gini. Hahaha.

Hahaha. Iya nih. Ya udah, jawab aja.

Kenapa diminta bayarin makan-makan, karena kalo diminta bayarin SPP, gua bukan bapak lo!

Udah gitu aja deh jawabannya. Lanjut!

Ini ada pertanyaan lagi dari Mia Haryono dan Grahita Primasari, duo cewek yang pernah diwawancaur dengan judul Solemate: “Sebagai seorang cowok yang Virgo banget, apa sih yang dipertimbangin dalam beli sepatu?”

Karena Virgo itu orang yang setia (sedaaap!), maka gua beli sepatu kalo yang lama udah rusak. Kalo yang ada sekarang masih bisa dipake, gua belum akan beli yang baru. Kalo pun harus beli yang baru, biasanya gua akan milih sepatu yang nyaman dan tahan lama. Ga ngeliat brand atau harga. Asal nyaman dan tahan lama pasti gua beli. Gitu sih.

Okesip. Lanjut ya. Sekarang pertanyaan dari Acen Trisusanto, si Shaman Mountaineer: “Udah setua ini, lo gak mau nyobain naik gunung, Bang?”

Wah, pengen banget. Naik gunung ada di bucket list gua. Sampe sekarang masih mempersiapkan fisik, mental, serta waktu. Doain aja kekabul dalam waktu singkat. Amin.

Oiya, lo ulang tahun yang ke berapa sih ini? Gue yang wawancaur aja gak tau.

28.

Anjis tua banget lo.

Iye nih. Gua juga baru engeh.

Oke, berhubung ini postingan ulang tahun, jadi harus ada pertanyaan basa basi. Lo nulis novel udah, kumpulan cerpen juga udah banyak, bentar lagi bikin film. Pacar udah punya, cantik lagi. Masih ada mimpi atau target personal yang mau dicapai gak?

Kalo dari segi asmara, pengen nikahin pacar mumpung mantranya masih kenceng.

Udah ngebet ya lo? Hahahahaha.

Taeee.

#PrayForSarah

Dari segi ekonomi, karena udah jadi karyawan dan profesional, yang belom tinggal bisnis. Entah bisnis apa. Ternak tuyul kayaknya asik juga.

Iya tuh, lo harus punya usaha. Lo tuh Cina kok gak punya ruko?

Iya nih. Gua merasa tertekan.

Sebagai Cina, lo harusnya merasa gagal. Hahaha. Anjis gue rasis.

Hahaha.

Oke, kita rekap. Jadi nikahin Sarah dan punya ruko ya.

Ya ya ya. Kurang lebih begitu lah.

Sekarang masuk ke sesi pertanyaan bonus. Dari orang-orang terdekat yang belom pernah lu wawancaur.

Wuih, siapa aja tuh?

Yang pertama dari Dian Purwita Sari, pacarnya Dendi Riandi: “Denger-denger Roy ini seorang bankir. Bankir kan katanya sibuk pulang malem tuh. Bagi waktu antara kerjaan, nulis, sama pacar gimana tuh? Apalagi pacarnya cakep, kali-kali ntar diserempet orang.”

Good question nih.

Selama ini sih, gua cuma bener-bener memanfaatkan waktu yang ada. Karena waktu sehari kan cuma 24 jam, ga akan pernah nambah, jadi yang ada harus dimanfaatkan dengan baik.

Alhasil, gua jarang ke mana-mana kalo lagi jam istirahat kantor. Makan di meja sambil ngeblog, nulis naskah baru, atau review naskah lama. Pulang kerja, break sebentar, lanjut ngobrol sama pacar atau baca. Kegiatan nulis gua pusatin di hari kerja dan Minggu, sementara Sabtu full buat pacaran.

Intinya sih niat. Taruh hati lu di mana lu bekerja. Berdedikasilah. Karena kalo niat, pasti sempat.

Pertanyaan bonus kedua nih. Dari Sarah!

Wuo! Dia nanya apa?

Pertanyaannya: “Apa harapan di hari ulang tahun ke-28 ini?”

Di hari itu, pengennya sih menghabiskan waktu dengan orang-orang yang ingin dibahagiakan, yaitu keluarga dan pacar. Ga penting ke mana atau ngapainnya, yang penting sama siapanya.

Ahseg!

Yoi!

Terakhir. Pesan dan kesan buat pembaca wawancaur ini? Biar kayak buku diary jaman SD gitu. Pake makes dan mikes.

Pesannya: tetaplah berbagi hal positif, entah itu informasi penting atau nilai baik yang perlu diceritakan. Tetap rendah hati dalam berbagi karena ga setiap kita punya pikiran se-positif orang-orang baik. Dan tentunya, tetap baca saputraroy.com ya!

Oke deh sekian wawancaurnya. Happy birthday, Roy!

Pesen gue dua:

1. Gue harus masuk dalam film lo! Adegan disetrika juga boleh.
2. Kalo pas bikin film ada yg ikutan casting tapi cantik, tolong umpan lambung ke Abang.

Hahaha. Sip! Thank you, Ta!

Advertisements

Tagged: , , , , ,

15 thoughts on “Wawancaur: Birthday Boy!

  1. ankhe September 17, 2013 at 11:33 Reply

    hihihi terhibur banget baca postingan ini..lucu tapi ada pesen positifnya..happy bday ya roy, kita seumur n sama2 virgo ternyata :P

  2. cewephlegmatis September 17, 2013 at 11:45 Reply

    semoga cepet nikah sama pacarnya ya, Bang! :D || btw, ternyata hari lahir kita sama cm beda tahun doang :p

    • Roy Saputra September 17, 2013 at 11:52 Reply

      wuih! selamat ulang tahun ya! :D

  3. Fauzi Nur Iswahyudi September 17, 2013 at 12:23 Reply

    bahahak kayak biasanya. lucu dan ‘berisi’ :)))
    happy birthday, Bang Roy (‘-‘)9

    • Roy Saputra September 17, 2013 at 13:24 Reply

      thank you, Fauzi! jangan bosen ya mampir ke sini :D

  4. Acentris September 17, 2013 at 15:59 Reply

    Happy Birthday, Bang!

  5. dodo September 17, 2013 at 22:54 Reply

    aduh… 28 aja dibilang tua…. gw juga bentar lagi jadi tua dong…
    btw selamat tambah tua… GBU
    Pewawancaur sama yang diwawancaur sama2 caur….

  6. Sigit Mishi October 1, 2013 at 08:58 Reply

    wuih, selamat ulang tahun bang roy, kita sama” virgo *tos*

    • Roy Saputra October 1, 2013 at 09:08 Reply

      thank you! *tos*

      ultah lu kapan? happy belated birthday! \o/

      • Sigit Mishi October 1, 2013 at 14:44 Reply

        thanks bang tapi udah lewat, gua 1 september :p

  7. mona October 13, 2013 at 01:44 Reply

    Wew..happy belated birthday roy! udh lama ga blogwalking jd ga update. Gw amin-in aja deh semua doa2 diatas. Gbu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: