Kemudahan dengan Internet

Apa jadinya dunia tanpa internet?

internet

Bukan, bukan. Bukan indomie telor kornet. Tapi internet yang interconnection-networking. Benda yang belakangan ini udah seperti adiksi tersendiri buat kita semua.

Awalnya, internet merupakan jaringan komputer yang dibentuk oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969. Melalui proyek ARPA, mereka membentuk ARPANET (Advanced Research Project Agency Network) yang berfungsi untuk melakukan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui saluran telepon.

Tujuan awal ARPANET adalah untuk keperluan militer. Waktu itu, Departemen Pertahanan Amerika Serikat membuat sistem jaringan komputer yang tersebar yang menghubungkan daerah-daerah vital di Amerika Serikat. Jadi apabila terjadi perang, negara ga mudah untuk dilumpuhkan karena informasinya ter-desentralisasi.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs aja, yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah. Namun, proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga membuat ARPANET kesulitan untuk mengaturnya. ARPANET pun akhirnya dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” baru yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akhirnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.

Gara-gara itulah, saat ini kita bisa menikmati kemudahan-kemudahan yang internet tawarkan. Mulai untuk bikin tugas, nyari pekerjaan, atau bahkan, menemukan jodoh. Jadi, ga kebayang kan apa jadinya jika dunia tanpa internet?

Gua sendiri memanfaatkan banget yang namanya internet. Hampir 12 jam sehari, gua pasti bersentuhan dengan internet, meski belum muhrim. Nge-browse via laptop di kantor saat senggang, atau sekadar berjejaring sosial via smartphone dari atas kasur. Kalo lagi bosen, emang paling gampang itu main internet. Hanya modal smartphone, kursi, dan colokan, kita udah bisa terkoneksi dengan dunia luar dan bisa duduk tenang membaca berita atau tertawa bersama teman nun jauh di sana.

Internet adalah cara mudah mengisi waktu luang.

Nah, di postingan kali ini, gua mau share situs apa aja sih yang sering gua buka. Baik itu yang mendukung aktivitas gua, atau yang hanya untuk mengisi waktu di kala iseng. Siapa tau, informasi ini bermanfaat juga buat kalian. Seperti biasa, anggap aja postingan tips ini adalah sumbangsih gua buat bangsa dan negara.

Auwo.

1. Penggiat Traveling

Sebagai orang yang gemar jalan-jalan, internet memberi banyak kemudahan buat gua. Dari A sampe Z terkait traveling, semua bisa gua dapatkan via internet. Informasi tentang booking hotel sampe nyusun itinerary ada di dunia maya. Namun fungsi internet yang paling gua gunakan adalah buat beli tiket pesawat.

Situs yang paling sering gua tuju untuk beli tiket pesawat, udah pasti official website dari masing-masing maskapai low budget. Mulai dari yang ‘Asia’, ‘si macan’, ‘si singa’, sampe ‘penghubung kota’, semua gua kunjungin satu-satu. Ngecek tab promo atau iseng mencari tau harga tiket di hari-hari kejepit liburan jadi kegiatan yang sering gua lakuin di kala senggang.

Selain official website, gua biasanya juga buka tiket.com atau utiket.com untuk mendapatkan harga tiket paling ekonomis di periode tertentu. Kedua website tersebut mampu menyediakan informasi lintas maskapai dan disajikan dalam satu periode tertentu.

Misalnya, kita mau terbang di tanggal 7 November dan pulang tanggal 10 November. Kedua website tersebut dapat memberikan informasi, maskapai mana dan keberangkatan jam berapa yang bisa memberikan nilai ekonomi paling optimum. Informasi yang disajikan pun dalam bentuk grafik, jadi kita dengan mudah bisa menentukan kombinasi mana yang paling cocok buat kita.

Ga percaya? Cobain deh. Kurt Cobain.

2. Penikmat Olahraga

Sepakbola adalah olahraga nomor satu yang gua dukung. Liverpool adalah klub sepakbola favorit yang gua puja. Gimana, 2 kalimat tadi udah kayak perkenalan di acara kuis Berpacu Dalam Melodi belom?

Anyhoo,

Untuk mencari informasi tentang kompetisi sepakbola di Inggris, gua kurang suka mengandalkan situs lokal. Karena biasanya, situs lokal juga kebanyakan mencari sumber dari situs luar negeri, terutama situs negara di mana kompetisi tersebut dilaksanakan. Maka untuk urusan kecepatan mendapat informasi sepakbola Inggris, gua biasanya buka 2 website ini: dailymail.co.uk/sport/football/ dan telegraph.co.uk/sport/football/

Kedua situs ini gua tenggarai sebagai yang paling update soal kompetisi sepakbola di Ingrris. Waktu jendela transfer masih dibuka, kedua situs ini yang paling sering menyediakan berita-berita pembelian pemain terbaru di liga Inggris. Artikel-artikelnya juga ga hanya informatif, namun kadang juga nyeleneh dan mengusung sarkasme level tinggi. Serunya lagi, di Dailymail, ada beberapa kolumnis yang merupakan mantan pemain sepakbola. Jamie Redknapp, Martin Keown, dan yang paling anyar, Jamie Carragher.

Menarik deh membaca ulasan-ulasan mereka.

3. Pemerhati Gadget

Meski ga bisa dibilang gadget freak, tapi gua ini termasuk pemerhati gadget. Gua minimal tau gadget apa yang paling baru, kira-kira seperti apa spesifikasinya, dan yang paling penting, berapa harganya. Semua informasi itu bisa gua dapat dari akun twitter resmi produk yang bersangkutan atau bisa juga dari Lazada.co.id.

Lazada adalah pusat belanja online serba ada yang menawarkan kemudahan dan kenyamanan buat kita dalam membeli berbagai produk premium dengan bermacam-macam kategori; mulai dari elektronik, dekorasi rumah tangga, sampai produk kesehatan dan kecantikan.

Situs Lazada ini sendiri sangat gua andalkan untuk mencari gadget idaman. Itu karena di kolom bagian kiri, ada beberapa widget yang bisa diutak-atik untuk mempersempit hasil pencarian dan mengerucutkan pilihan. Gua bisa mengatur pencarian smartphone berdasarkan brand, harga, besar layar, kualitas kamera, kapasitas harddisk, RAM, bahkan sampai kecepatan CPU. Belanja di Lazada, berasa punya asisten pribadi yang bisa bantu nyortir dan milihin kira-kira smartphone kayak gimana yang cocok buat gua.

“Mbaaak!”

“Iya, Tuan!”

“Cariin smartphone yang layarnya di atas 4 inch!”

“Iya, Tuan!”

“Yang kameranya 3 megapixel juga ya!”

“Iya, Tuan!”

“Pokoknya harga ga masalah! Yang penting murah!”

“Ke laut aja, Tuan!”

Kayak waktu gua bantuin pacar nyari smartphone Samsung barunya tempo hari. Gua memanfaatkan betul features widget Lazada Indonesia ini. Widget brand gua ketik nama Samsung, harga gua atur biar sesuai dengan kapasitas dompet si pacar, besar layar juga gua pas-pasin dengan ukuran tangan si pacar, dan walah, keluarlah hasil Samsung Galaxy Core.

Selain features web yang ngebantu banget dan produk yang lengkap, asiknya belanja di Lazada adalah mereka membebaskan biaya pengiriman untuk area Jabodetabek. Udah gitu, mereka juga menerima segala macam jenis pembayaran, termasuk yang paling nyaman buat pembeli: cash on delivery (COD). Jadi, ada barang, ada uang.

Seperti halnya internet, Lazada telah memberi kemudahan ekstra dalam berbelanja online.

lazada

Jadi itu tadi, situs-situs yang gua buka untuk 3 jenis aktivitas yang berbeda. Internet udah mempermudah hidup gua sebagai penggiat traveling, penikmat olahraga, dan pemerhati gadget. Semoga postingan ini berguna buat kalian yang masih melakukan senam ritmik atau mencari kutu di rambut ketika sedang senggang. Mulai dari sekarang, kalo lagi lowong, ambil laptop atau smartphone kalian, dan telusurilah situs-situs di atas.

Kalo kalian sendiri, ada situs favorit yang sering dibuka kalo lagi luang? Share dong di kolom comment :D

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , ,

8 thoughts on “Kemudahan dengan Internet

  1. luvajeng November 6, 2013 at 12:55 Reply

    kaskus.co.id/forum/21
    forum di kaskus ini paling rame thread nya, seringnya dapat info terbaru dari sini

  2. sarahandhercloset November 6, 2013 at 14:16 Reply

    Kalo saputraroy.com sama http://www.sarahpuspita.com boleh jadi situs favorit nggaaaaaak? *digebugin setimeline*

  3. ridwan November 7, 2013 at 04:34 Reply

    biasanya sih buka bhinneka.com

  4. Kevin Anggara November 9, 2013 at 23:24 Reply

    Situs favorit so pasti kaskus, dan blog sendiri hoho x))

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: