Kaleidoskop 2013

Mari menyambut tahun yang baru ini dengan napak tilas kejadian-kejadian seru sepanjang tahun 2013 lalu.

Januari 2013

Tahun baru 2013. Pertama kalinya diadakan Jakarta Car Free Night. Jalan Thamrin dan Sudirman ditutup untuk mobil dan masyarakat tumpah ruah di jalan protokol Jakarta untuk menikmati kembang api dan momen pergantian tahun.

Sementara ribuan orang asik menghabiskan malam tahun baru dengan orang-orang tersayang, seorang anak menteri menabrakkannya mobilnya ke sebuah mobil milik orang lain. Dua orang tewas dan beberapa orang luka. Sang anak menteri, sebut aja Rasyid, ditenggarai mengantuk. Meski sempat dirawat karena depresi, akhirnya Rasyid divonis hanya 6 bulan masa percobaan.

Ya, namanya juga anak menteri.

Februari 2013

Sebuah meteor melewati kawasan pegunungan Ural, Rusia dan meledak di langit kota Chelyabinsk. Akademi Sains Rusia menyatakan bahwa meteor itu seberat 10 ton dan memasuki atmosfer bumi dengan kecepatan 54.000 kph. Sekitar 1,200 orang dilaporkan cidera, terutama akibat pecahan kaca jendela yang disebabkan gelombang kejut. Hampir 3,000 bangunan di enam kota di seluruh negara dilaporkan mengalami kerusakan akibat ledakan dan jatuhan meteor.

Dan di bulan yang sama, gua jadian sama seorang perempuan yang cantik jelita. Apakah dua kejadian ini memiliki korelasi? Biarlah hal ini menjadi misteri Ilahi.

Maret 2013

“KONLO TERORITA!”

Akhir Februari sampai minggu-minggu awal bulan Maret 2013, dunia maya ramai dengan ratusan bahkan ribuan video ini. Video yang dimulai dengan adegan satu orang berkepala dibungkus (biasanya dengan helm atau topeng absurd) mengikuti dentaman musik di tengah orang-orang yang cuek dan asik dengan kesibukan masing-masing. Dan setelah musik jeda beberapa detik, seluruh ruangan tiba-tiba jadi chaos dan bergaya serandom-randomnya random. Yup, my friend, this is Harlem Shake!

Tut, tut, tut, tut! Tut, tut, tut! Tut, tut, tut, tut, tut, tut!

April 2013

Bulan April, bulannya Eyang Subur. Heboh-heboh dimulai saat Adi Bing Slamet melaporkan Eyang Subur yang merasa dirinya tertipu setelah menjadi pengikutnya selama 17 tahun. Terkuak juga kalo ternyata Eyang Subur punya istri delapan, yang membuat para jomblo merasakan ketidakadilan yang teramat sangat. Yang kerennya lagi, kedelapan istrinya akur dan kalo ke mana-mana pake seragam. Ini istri apa buruh pabrik sih?

Eyang Subur disebut-sebut sebagai seorang pengajar, seorang guru. Ajarannya banyak menyimpang dari agama Islam, maka MUI pun turut serta dalam kehebohan ini. Dan sebagaimana guru baik menghasilkan murid baik, maka guru maut pun menghasilkan murid maut. Nama murid tersebut ialah Arya Wiguna.

Kalian pasti pernah liat dong videonya? Video konferensi pers di mana Adi Bing Slamet duduk bersebelahan dengan Arya Wiguna yang lagi marah-marah. Marahnya itu marah buanged, pake U sama D. Marah sampe gebrak-gebrak meja dan berteriak kalimat “Demi Tuhan” dengan pemenggalan “Tu” dan “Han” yang sangat fenomenal.

Tapi gara-gara gebrak meja, Arya Wiguna jadi ngetop buanged, pake U sama D. Tiada hari tanpa Arya Wiguna, baik itu video aslinya, parodinya, bahkan pembahasan tentang gerak-geriknya. Infotainment di Indonesia memang suka mengeksploitasi hal yang lagi happening. Semua diberitain. Arya Wiguna pacaran lagi lah, Arya Wiguna ganti warna kemeja lah, Arya Wiguna beli bakso ga pake nawar lah. Semua-semua diberitain.

Yang paling random, Arya Wiguna hampir diajukan untuk menjadi calon bupati Kolaka, kabupaten yang sama yang pernah nyaris mencalonkan Farhat Abbas sebagai bupati.

Go home, Kolaka. You’re drunk.

Mei 2013

Nah, ngomong-ngomong soal Farhat Abbas, di bulan Mei ia mengajukan uji materi Undang-Undang Pemilihan Umum Presiden dan Wakil Presiden ke Mahkamah Konstitusi, agar perseorangan tanpa dukungan partai politik seperti dirinya, bisa mengajukan diri sebagai presiden atau wakil presiden.

Memetwit banget ga sih?

Juni 2013

“Sodara, sodara. Sodara, sodara. Anda masih bersama-sam-sama-sam saya, Jeremy Teti.”

Kepiawaian Eka Gustinawa mengolah potongan berita menjadi sebuah lagu, sempet ramai dibicarakan semua orang. Uniknya, lagu ini bukannya menaikkan pamor Eka, malah melambungkan nama Jeremy Teti ke kancah dunia hiburan. Wajah Jeremy Teti jadi wara-wiri di televisi untuk alasan yang beda dengan kenapa teman-teman anchor berita seangkatannya muncul di televisi.

Saat Arif Suditomo udah jadi pimpinan redaksi Seputar Indonesia dan Desi Anwar sibuk ngewawancara Dalai Lama serta Richard Gere, Jeremy Teti masih asik memperingatkan kita untuk berhati-hatilah mengisi BBM agar kendaraan yang kita isi tidak, tidak, tidak BBM campuraaan…

Juli 2013

Si Otong ulang tahun (saking kagak nemu hal yang seru di bulan Juli 2013).

Agustus 2013

Geliat jendela transfer sepakbola musim 2013-2014 membuat satu rekor. Perpindahan Gareth Bale dari Totenham Hotspur ke Real Madrid menelan biaya 100 juta Euro, mengalahkan Cristiano Ronaldo yang perpindahannya pada tahun 2009 memerlukan kucuran dana “hanya” sebesar 90 juta Euro.

September 2013

Dul, anak dari musisi Ahmad Dhani, mengalami kecelakaan lalu lintas, menabrak mobil berpenumpang padat. Kecelakaan terjadi di KM 8 ruas tol Jagorawi, arah Cibubur. Korban tewas 7 orang, sementara korban luka 9 orang. Dul sendiri mengalami patah tulang kaki.

Yang gua heran, kok si Dul bisa kecelakaan. Padahal nih si Dul, anak Betawi Asli, kerjaannya sembayang mengaji. Tapi jangan bikin dieee... eh? Guys, jangan pergi dulu. Ini masih ada 3 bulan lagi. Guys? Guys?

Oktober 2013

Di bulan ini, di ten of the month, kita masih merindukan apresiasi karena basically harmonisasi hidup tidak perlu dikudeta oleh kelabilan ekonomi demi konspirasi kemakmuran. Tapi biar kontroversi hati tidak mempersuram statusisasi kehidupan… anjirlah, gua ga tau nulis apaan tadi.

Dari akhir September sampai awal Oktober, semua orang ramai membicarakan pria yang satu ini; Vicky Prasetyo. Dengan gaya bahasa yang unik cenderung goblok, Vicky merajai layar televisi. Ia juga berhasil menciptakan kata-kata yang membuat Kamus Besar Bahasa Indonesia jadi tampak seperti ganjelan untuk kaki meja yang goyang.

Herannya, dengan kosakata alien begini pun, Vicky punya banyak pacar. Kebayang ga sih gimana cara Vicky dan gebetannya ngobrol waktu kencan pertama?

“Vick, nonton yuk!”

“Saya confident bahwasanya untuk selamanya gambar-gambar yang bergerak hanyalah sebuah media semata tanpa aba-aba.”

“Eh?”

“Saya cinta kamu. Kamu mau pacaran sama saya?”

“Eh? Hm? Ya udah, boleh deh.”

Namun nasib Vicky Prasetyo ga semujur kisah percintaannya. Setelah muncul di infotainment karena bertunangan dengan Zaskia Gotik, akhirnya dia dilaporkan ke polisi oleh seorang rekan bisnis yang merasa tertipu. Yang gua heran ya, dia kan buron, lagi dicari-cari orang, ya kok malah tunangan sama artis, nongol di televisi, terus pake ngomong aneh-aneh gitu? Lah pan jadi ketauan!

November 2013

Labil ekonomi Indonesia semakin menjadi. Nilai tukar rupiah terhadap mata uang asing semakin melemah. God bless Indonesia.

Desember 2013

Langit mendung menggantung di akhir tahun.

Kereta Commuter Line nomor 1131 jurusan Serpong-Tanah Abang terbakar setelah menabrak truk tangki pembawa BBM di perlintasan Bintaro Permai. Insiden terjadi di jalur arah Pondok Ranji menuju Kebayoran Lama, sekitar pukul 11.20 WIB.

Berita duka juga datang dari dunia internasional. Nelson Mandela, tokoh dunia asal Afrika Selatan, penggagas revolusi anti apartheid, dan pemilik quotes-quotes bagus di Goodreads, meninggal dunia pada usia 95 tahun akibat sakit yang berkepanjangan. Dunia kehilangan salah satu putra terbaiknya.

Nelson Mandela

Nah.

Selain kaleidoskop tahun 2013, gua juga mau ngajak teman-teman pembaca seru-seruan bikin kaleidoskop nih di Kaleidoksop saputraroy.com 2013!

Teman-teman bisa milih postingan terbaik saputraroy.com yang dipilah menjadi 8 kategori. Ada artikel terngikik, wawancaur terpecah, postingan traveling paling kece, dan lain sebagainya. Nantinya, postingan dengan pilihan terbanyak dari setiap kategori bakal gua kumpulkan dan satukan. Untuk apa?Untuk gua jadikan e-book!

Yes, people, I will publish an e-book!

Di dalam e-book itu, bukan hanya akan ada 9 postingan terbaik saputraroy.com tahun 2013 pilihan teman-teman pembaca, tapi gua juga bakal nyelipin beberapa tulisan baru yang belum pernah gua publish sebelumnya. Jadi total akan ada 10-11 tulisan di dalam e-book yang nantinya bisa diunduh secara cuma-cuma. Yes, people, it’s gonna be free of charge! GRETONGAN!

Jadi, mohon bantuannya mengisi survey ini ya, teman! ^^

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , , , , ,

14 thoughts on “Kaleidoskop 2013

  1. mbot January 3, 2014 at 13:48 Reply

    *langsung googling nyari ada kejadian apa di bulan juli

  2. KacaL January 3, 2014 at 14:13 Reply

    “Saat Arif Suditomo udah jadi pimpinan redaksi Seputar Indonesia dan Desi Anwar sibuk ngewawancara Dalai Lama serta Richard Gere, Jeremy Teti masih asik memperingatkan kita untuk berhati-hatilah mengisi BBM agar kendaraan yang kita isi tidak, tidak, tidak BBM campuraaan…”

    Fak. Kampret banget bagian yang ini! =)))

    Btw, gue udah isi surveynya, ditunggu e-booknya ^^

    • Gerry January 3, 2014 at 14:38 Reply

      Setujuuu, bagian ini yg buat gw mikir.
      kayanya emang si teti gak ada kemauan untuk maju di dunia “anchor”, makanya terjun sekalian jadi alay2 “cuci gosok jemur”

    • Roy Saputra January 3, 2014 at 16:51 Reply

      thank you! doain biar cepet kekumpul respondennya XD

  3. gusmang January 3, 2014 at 16:59 Reply

    Paul Walker, Bang Roy di bulan Desember juga tuh.

  4. Kevin Anggara January 4, 2014 at 02:33 Reply

    Agustus, buku gue terbit X))

  5. Dwi Kresnoadii January 4, 2014 at 20:29 Reply

    Hahaha. Kalo gangnam, 2013 juga bukan sih?

    • Roy Saputra January 6, 2014 at 08:27 Reply

      bukan, oppa gangnam style itu 2012 :D

  6. Lynn January 5, 2014 at 17:20 Reply

    Si Eka Gustiwana itu pamornya oke juga lho selain BBM Campuran =))
    Ada video edisi Arya Wiguna, Deddy Corbuzier ama yang luar biasa di awal 2014 ini sih, jadi komposer video yang tayang di Mata Najwa ituh :)) mayan dapet rezeki dari M*troTV hihi~

    Happy new yeaaar! ihiy cie covergirl bulan januarinyaaaaaa, capa tuh :))

    • Roy Saputra January 6, 2014 at 08:27 Reply

      ooo, yang Mata Najwa itu kerjaan si Eka juga toh. keren euy.

      itu pacar gua, Lynn :D

  7. andicted February 6, 2014 at 14:22 Reply

    hahahahaha gue punya foto baligo Arya Wiguna sama Farhat pas nyalonin jd bupati kolaka disini http://t.co/iDfURnaTdn

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: