Ulang Tahun Kali Ini

Hari ini gua ulang tahun.

Kayaknya, ulang tahun kali ini adalah ulang tahun yang paling tau-tau dateng aja gitu. Biasanya, gua selalu senang ketika masuk bulan September dan kadang suka menghitung mundur beberapa hari jelang ulang tahun.

Mungkin ketidaksadaran ini terjadi karena usia gua udah ga terlalu memusingkan hal-hal kayak gitu. Tapi yang pasti, lupanya gua akan ulang tahun sendiri lebih karena kesibukan di kantor, re-launch Toko Bahagia, persiapan pitching ke calon klien FMB, dan kondisi kesehatan yang lagi ga prima. Bahkan gua baru inget kalo ulang tahun gua udah deket ketika si pacar nanya, “Kamu mau kado apa di ulang tahun nanti?”

Jangankan kado, minggu itu gua ga kepikiran apa pun tentang ulang tahun. Pikiran gua hanya terpusat di pekerjaan kantor, Toko Bahagia yang rilis di awal bulan ini, serta jadwal pitching calon klien FMB yang kian mendekat. Bahkan obat dokter pun suka lupa gua makan. Gua benar-benar sedang disibukkan oleh hidup.

Itu semua membuat gua semakin tersadar akan 1 hal. Bahwa seiring bertambahnya usia, hidup semakin tidak ramah untuk gua. Makin banyak tanggung jawab yang harus gua emban membuat perjalanan tiap harinya kadang ga terasa mudah untuk dilewati.

Dulu, waktu masih kecil, setiap pulang sekolah selalu ada makanan yang gua ga perlu tau dari mana datangnya. Menginjak usia remaja, gua baru ngerti kalo nasi di atas piring bukan datang dari Ibu Peri-nya Lala dan Bombom atau kantong ajaib Doraemon. Ada keringat yang harus dikuras untuk menghadirkan sepiring nasi hangat dan lauk enak di atas meja makan setiap harinya.

Begitu juga dengan perjalanan karier. Seiring bertambahnya pengalaman, pekerjaan yang dipercayakan juga semakin bertambah. Awal-awal ngantor, kerjaan masih sedikit, pulang kantor masih bisa ngeliat matahari terbenam. Di tahun kedua, sedikit berubah. Keluar kantor, langit udah gelap dan makan mulai ga teratur. Tahun ketiga sampai sekarang, kalo ditanya pulang kantor masih sempet ngeliat matahari terbenam apa ga, gua akan menjawab,

“Hah? Matahari? Apa itu?”

Semua itu masih ditambah dengan pengeluaran yang semakin hari semakin besar. Dari yang sifatnya pengeluaran wajib sampai yang hura-hura tiada tara, kadang bisa mencekik kalo lagi gagal mengatur keuangan bulanan dengan benar. Waktu masih berstatus new jobber, sehari cuma keluar biaya Rp 6,000 buat naik angkot 3 kali. Sekarang bukan hanya ongkos yang tercatat sebagai pengeluaran bulanan, tapi juga cicilan apartemen dan tabungan untuk resepsi yang menggerogoti penghasilan.

Dan di ulang tahun kali ini, gua menyadari bahwa semua tanggung jawab akan semakin bertambah.

Trayek perjalanan karier gua diharapkan akan terus melaju, berbarengan dengan tingkat stres yang ikut meninggi. Cicilan apartemen masih akan terus berjalan belasan tahun ke depan. Tabungan untuk resepsi akan berganti dengan tabungan kelahiran, pendidikan, dan kesehatan anak nantinya. Orang tua akan pensiun, dan pada akhirnya, peran kami akan bertukar. Akan ada titik di mana gua yang harus bisa menghidupi Papa Mama sepenuhnya.

Semua keresahan itu mungkin mereda dengan segala bantuan yang ada. Namun ketika meredanya baru sebuah kemungkinan, yang pasti, tanggung jawab itu akan terus bertumbuh dan membesar.

Tapi gua yakin, Tuhan membawa gua sampai di umur 29 tahun bukan hanya untuk dipersulit lalu ditinggalkan. Umur gua dipanjangkan sejauh ini, bukan hanya untuk digagalkan dan ditelantarkan.

Udah banyak kesulitan yang gua lalui, dari yang kecil sampai yang kayaknya ga bakal bisa dihadapi. Tapi nyatanya hari ini gua di sini. Berulang tahun lagi untuk yang keduapuluhsembilan kalinya. Bukti bahwa pada akhirnya, semua kesusahan bisa dilewati.

Jika Tuhan udah menjaga gua di tahun-tahun sebelumnya, maka di usia ini dan seterusnya, gua percaya, Tuhan yang sama akan selalu menjaga gua.

Jadi ijinkanlah di ulang tahun kali ini, gua berterima kasih kepada Tuhan atas segala kesempatan dan kesehatan yang masih dipercayakan. Atas kekuatan dan rejeki yang masih diberikan. Serta atas keluarga, pacar, serta orang-orang baik yang ditempatkan di hidup gua.

Harapan gua saat ulang tahun sendiri masih ga berubah dari beberapa tahun yang lalu.

birthday-candles

Punya imajinasi seperti anak 10 tahun
Punya keberanian seperti pemuda 20 tahun
Punya kedewasaan seperti pria 30 tahun

Dan di ulang tahun kali ini, harapannya ditambah satu, sesuai dengan doa si pacar.

Punya kesabaran seperti om-om 40 tahun.

Iya deh. Amin.

Advertisements

Tagged: , , ,

25 thoughts on “Ulang Tahun Kali Ini

  1. cicak kreatip.com September 14, 2014 at 11:20 Reply

    selamat bro ya :D

  2. joeyz14 September 14, 2014 at 12:45 Reply

    Happy Borthday Roy! Kesehatan nomer satu, presiden nomor? Eh dah lewat ya masa2 itu? *nyengirr*
    Jaga kesehatan…very important

    • joeyz14 September 14, 2014 at 12:45 Reply

      *happy birthday* sorry typo

    • Roy Saputra September 14, 2014 at 22:10 Reply

      terima kasih, Joey! hahaha, masih aje nih! :)))

  3. gegekrisopras September 14, 2014 at 18:55 Reply

    Happy birthday, abang Roy! :)

  4. Clarissa Mey September 14, 2014 at 21:32 Reply

    Happy birthday Roy, you share the same birthday with my mom here.. Hope everything goes well with your life :)

    • Roy Saputra September 14, 2014 at 22:09 Reply

      wah, titip selamat ulang tahun buat nyokap ya. semoga sehat dan sukses selalu :D

  5. kakmoly September 14, 2014 at 22:29 Reply

    Selamat ulang tahun om roooy :d

  6. Lynn September 14, 2014 at 23:03 Reply

    Selamat ulang tahun, Roy!

  7. presyl September 15, 2014 at 08:14 Reply

    bener roy, makin tua makin ngga bersemangat sama hari ulang tahun. jadi ngerasa biasa aja, klo lo mungkin sebagai cowok mikir tanggung jawab lebih berat, mungkin gue sebagai cewek yang-kata-orang-umurnya-krisis mikirnya, kapan nikah? kapaaan? :)))

    btw, selamat ulang tahun roy, sukses semua-semuanya :D

  8. Khairunnisa Siregar September 15, 2014 at 15:25 Reply

    Selamat ulangtahun, Kak Roy! Semoga wishesnya terkabul semua. Lancar juga persiapan nikahnya. Amiin

  9. Aziz amin September 15, 2014 at 16:47 Reply

    Selamat ulang tahun bang. Maaf telat ngucapinnya. Ini aja gue baru tau, kalo Ada postingan baru…heheh

    azizkerenbanget.blogspot.com

  10. Firman Pamungkas September 15, 2014 at 18:36 Reply

    Selamat ulang tahun, mas Roy!
    sorry telat.. masih kebagian kue gak nih? :D

    • Roy Saputra September 16, 2014 at 09:11 Reply

      masih, masih. ambil aja kuenya di toko kue terdekat :))

  11. Kimi September 15, 2014 at 20:11 Reply

    Selamat ulang tahun, Roy! Semoga lo selalu berbahagia. Btw, sori telat ya ngucapinnya. :D

  12. Intan Rasyid September 17, 2014 at 11:35 Reply

    selamat ulang tahun, Bang Roy…
    saya juga bertambah usia di bulan ini :)

    • Roy Saputra September 17, 2014 at 11:49 Reply

      ahey! selamat ulang tahun juga Intan :D

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: