Yang Perlu Disiapkan Saat Mau Traveling

…well, judul di atas sepertinya udah menggambarkan banget kira-kira postingan ini akan berisi apa. Ga mungkin juga kan judulnya udah panjang kayak di atas, tapi gua malah membahas pergerakan harga cabe hibrida di pasaran?

Maka sesuai dengan judulnya, di postingan kali ini, gua mau bagi-bagi hal yang bermanfaat. Meski duit juga bermanfaat, tapi gua memutuskan untuk bagi-bagi tips aja.

Gua akan berbagi 5 hal penting yang menurut gua perlu disiapkan saat mau traveling, terutama untuk kalian yang berpergian dalam budget terbatas. Lima hal ini mungkin udah umum banget, tapi ijinkan gua bercerita ala ala gua.

Gimana, mau ga? Apa? Kamu ga mau?

Ini goceng buat kamu beli Ale-Ale. Nah, sekarang udah mau kan?

Here we go.

1. Cari tau apa yang kamu mau

Sebelum memulai perjalanan, pastikan dulu apa yang kamu mau dan sesuaikan dengan destinasi perjalanannya.

Maksudnya, tentuin dulu, hal apa sih yang bisa terus memacu kamu saat traveling. Hal apa yang bisa membuat kaki kamu melangkah lebih lama meski betis rasanya udah mau pecah. Hal apa yang bisa menjaga mata kamu terus melek padahal rasa ngantuk udah menjajah di kepala. Apakah pemandangan alam, kuliner, budaya, atau pengalamannya?

Misalkan, kalo kamu suka pantai, maka jalan-jalanlah ke Bali. Jangan ke Mall Cijantung.

Kamu bisa menentukan kota atau negara yang cocok dengan banyak-banyak mencari referensi. Di era yang serba digital ini, artikel traveling yang informatif bertebaran banget di internet. Semuanya hanya sejauh beberapa ketikan di search engine doang kok.

Kalo tujuan kamu itu luar negeri, jangan lupa untuk cek apakah untuk mengunjungi negara itu perlu visa atau ga. Untuk daftar lengkap negara mana aja yang bebas visa bagi pemegang passport Indonesia, bisa diliat di sini nih.

Bagi gua, dengan mencari tau apa yang gua mau sebelum memulai perjalanan, dapat memacu semangat gua. Baik itu semangat dalam menyiapkan, semangat saat jalan-jalannya, maupun semangat menceritakan saat telah kembali pulang.

2. Itinerary

Setelah tau kota atau negara tujuan, hal berikutnya yang biasa gua siapkan adalah itinerary atau jadwal detail per hari selama perjalanan nanti.

Bagi Virgo tulen yang control freak kayak gua, menyiapkan itinerary jadi keasikan tersendiri. Mungkin menyiapkan segala sesuatu dengan detail jadi pe er yang membebani buat sebagian orang. Tapi buat gua, ini justru pekerjaan yang menyenangkan.

Dengan menyusun itinerary, gua jadi sering nyari referensi dan banyak tau tentang destinasi gua itu. Objek mana yang menarik, makanan apa yang khas, dan cuaca kayak gimana yang akan menyambut gua selama di sana. Semua informasi tadi biasanya akan semakin membakar keinginan gua untuk segera berkelana ke sana.

Menurut gua, itinerary itu penting. Biasanya durasi traveling gua ga panjang, maka semua objek yang penting di suatu kota atau negara harus bisa gua kunjungin dalam satu satuan waktu. Ga boleh nyasar atau mengalami hal-hal di luar prakiraan yang bisa membuat gua gagal mengunjungi objek tersebut. Itu mengapa, biasanya gua akan menyusun itinerary sedetail mungkin.

Dari hotel sini, naik angkot nomor segini, turun di sini, bayar segini, dan kira-kira makan waktu sekian menit. Iya, sedetail itu.

Saking detailnya, Tirta pernah komen saat kami mau ke Jepang, “Roy, gue kira kita ke Jepang itu backpacking mandiri. Ternyata gua salah.”

“Kenapa, Ta?”

“Ternyata kita ikut Roy Tour & Travel!”

3. Uang

Dengan itinerary yang detail, biasanya gua jadi tau kira-kira berapa jumlah budget yang gua butuhkan. Pertanyaan yang biasa muncul selanjutnya adalah, gimana cara nyiapin uangnya?

Meski terdengar klise, tapi ini adalah cara paling jitu menyiapkan uang untuk traveling: menabung. Caranya bisa dengan membuat rekening khusus yang terpisah dari rekening pribadi, di mana tiap bulannya kita transfer sejumlah uang ke rekening tersebut. Atau dengan cara yang konvensional, yaitu disiplin menabung setiap hari di celengan.

Tapi kalo jalan-jalan ke Mall Cijantung mah ga perlu nabung dulu.

4. Akomodasi

Terakhir kali backpacking dan ga menyiapkan akomodasi, berakhir dengan gua menginap di hotel yang rate semalamnya dua juta rupiah di Filipina! Sebuah pengalaman yang begitu membekas di hati, di pikiran, dan terutama, di dompet.

Maka dari itu, sekarang gua selalu mengusahakan agar menyiapkan akomodasi dari Jakarta, jauh sebelum gua berangkat. Selain biar ga pusing bakal tidur di mana setiap malamnya, hal ini gua lakukan agar bisa mendapat harga kamar yang terbaik.

Apalagi sekarang ada travelio.com, sebuah situs yang memungkinkan kita untuk menawar harga kamar hotel yang kita mau. Iya, kamu ga salah baca kok. Berkat Travelio, harga kamar hotel kini bisa ditawar!

Sesuai dengan tagline #YourTripYourPrice, kita bisa menentukan sendiri harga kamar hotel melalui proses tawar menawar. Meski tentu aja, ga semua tawaran pasti diterima. Ada mekanisme di belakang layar yang memastikan kedua belah pihak (hotel dan konsumen) mendapatkan win-win solution.

home screen travelio

Proses tawar-menawarnya ga ribet kok. Saat tiba di halaman depan, tinggal tulis kota tujuan, tanggal check in dan lama menginap.

Nanti akan muncul daftar hotel yang bisa kamu pilih beserta harga rata-rata online yang biasa diberikan situs-situs pembelian kamar hotel lainnya. Kita bisa pilih satu hotel yang sesuai selera lalu tawarlah lebih rendah dari harga rata-rata online itu. Dan biar makin mudah, akan ada dashboard yang memberikan perkiraan tingkat keberhasilan harga tawaran kita.

Selanjutnya tinggal nunggu deh apa tawaran kita diterima, dipertimbangkan atau ditolak. Kalo ditolak, biasanya sih karena tawaran kamu terlalu Afgan. Sadis, gan!

Meski baru diluncurkan, Travelio udah memiliki jaringan hotel hampir di seluruh kota besar di Indonesia serta negara-negara tetangga seperti Singapura dan Thailand. Jadi, di travelio.com, kamu bisa memilih berbagai pilihan hotel murah di Solo, Bali, Bandung, bahkan Bangkok dan Kuala Lumpur lho!

cara kerja travelio

Update (12/02/15): buat temen-temen yang mau nyobain booking kamar hotel via Travelio, gua mau bagi-bagi voucher sebesar IDR 100,000,- nih! Caranya cukup masukin kode voucher saputraroy pas lagi bertransaksi di travelio.com. Ssst, voucher ini cuma berlaku untuk 25 pembeli pertama lho. Ayo, buruan!

5. Keinginan untuk bersenang-senang

Pada akhirnya, siapkanlah keinginan untuk bersenang-senang. Tinggalkan segala permasalahan di kota keberangkatan yang mungkin terbawa dan bisa menganggu perjalanan. Dengan keinginan untuk bersenang-senang, hal negatif akan menjauh dengan sendirinya, dan harapannya, kepala kita hanya akan mengingat hal yang seru dari perjalanan.

Bersenang-senanglah. Karena jika hanya ingin berkeluh kesah, jangan buang uangmu untuk sebuah perjalanan.

Have fun! Be fun!

Advertisements

Tagged: , , , ,

11 thoughts on “Yang Perlu Disiapkan Saat Mau Traveling

  1. bukanbocahbiasa February 11, 2015 at 11:17 Reply

    Waksss… inovatif banget ya si Travelio ini? Buru2 mau traveling ahhh :))
    Btw, Roy… boleh minta tolong tak? Colekin si romeogadungan dong, doi udah jaraaaaang banget apdet blognya.

    • Roy Saputra February 11, 2015 at 11:19 Reply

      siaaap!

      *colek romeogadungan pake cangkul*

  2. presyl February 11, 2015 at 13:24 Reply

    dan keinginan bersenang-senang itu modal dasar liburan roy, orang selalu ngomongin soal uang, tp kalau ga ada niat yaa sampai kapanpun uangnya juga ngga kekumpul

  3. […] blogger femes seperti mas Ariev Rahman, mas Tekno “Lostpacker”, mas Wira Nurmansyah, bang Roy Saputra, mas Fahmi “Catperku”, dan masih banyak lagi! Jadi, gue merasa terberkati banget bisa duduk di […]

  4. Pracimasanti February 13, 2015 at 21:01 Reply

    1 lagiiii…bikin timeline buat nyelesaiin kerjaan kantor sblm jalan2 drpd ditelpon2in kantor mulu entar bikin bete 😊😊

    • Roy Saputra February 16, 2015 at 08:44 Reply

      hahaha, bener juga nih! biar jalan-jalannya aman tentram sejahtera \o/

  5. Kresnoadi February 16, 2015 at 22:48 Reply

    Hmm hmm selama ini traveling cuman jadi kepengin doang, kayaknya tahun ini harus perdana jalan nih. Yang terpenting itinerary sih kalo yang gue liat, secara gue orangnya berantakan banget. Ke mall cijantung aja nyasar. ._.

  6. Bagus Dwi Saputra February 17, 2015 at 15:46 Reply

    keren juga nih artikelnya min..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: