Aplikasi Penting Saat Traveling ke Jepang

Sebagai anak kekinian yang haus akan eksistensi, smartphone udah seperti tangan ketiga buat gua. Rasanya ada yang kurang kalo smartphone ga ada di kantong atau ga melekat di tangan.

Begitupun saat traveling.

Bagi gua, smartphone itu alat traveling yang ga boleh ketinggalan. Feature yang berjibun bisa melonggarkan barang bawaan kita. Kamera, console games dan music player melekat di satu alat, membuat spasi untuk pakaian atau alat-alat lainnya.

Aplikasi atau apps smartphone yang berlimpah ruah menambah fungsi dari feature dasar yang udah bermanfaat banget. Kini smartphone bisa jadi loket tiket, dispacther taksi, kompas, bahkan senter. Semua jadi satu, ga bikin ribet.

Selama ber-Japaneymoon kemarin, gua dan Sarah juga mengandalkan banyak apps. Untungnya, kami memperlengkapi diri dengan pocket wifi (portable wifi) dari Japan Experience. Signal kenceng dan unlimited internet access membuat kami sangat leluasa saat menggunakan beberapa apps secara bersamaan. Ga repot mesti nyari colokan terus-menerus, karena batrenya super awet. Sekali nge-charge, kuat dipakai selama 2 hari untuk smartphone kami berdua.

Buat yang pergi rame-rame, sewa pocket / portable wifi jadi pilihan yang lebih ekonomis ketimbang sim card. Dengan harga sewa USD 53 untuk 5 hari, satu pocket wifi bisa untuk 10 gadgets dan support segala jenis perangkat, mulai dari smartphone, tablet, bahkan laptop. Kalo kalian masih ada pertanyaan tentang pocket wifi, langsung aja deh klik FAQ ini nih.

pocket wifi

Nah, di postingan kali ini gua mau ngebahas apps apa aja yang mesti kalian install saat mau jalan-jalan, khususnya ketika traveling ke Jepang. Harap dicatat, semua aplikasi yang diceritakan di bawah ini gua gunakan melalui smartphone berbasis Android.

Dan seperti yang biasa gua bilang ketika bikin postingan model begini, semoga postingan kali ini berguna untuk bangsa dan negara.

Here we go.

1. The navigator apps

Biar ga nyasar dan menghemat waktu, ada baiknya kita membekali diri dengan pengamalan P4. Selain itu, install-lah beberapa aplikasi navigasi yang bisa menunjukkan kita ke jalan yang benar. Bukan, bukan aplikasi Alkitab atau sejenisnya. Tapi unduhlah Google Maps, sebagai aplikasi navigasi yang sangat mendasar.

Seperti yang pernah gua ceritakan di postingan sebelumnya, kereta adalah moda transportasi utama di Jepang. Jadi, ada baiknya unduh juga aplikasi Japan Trains, yang bisa ngasih tau kita jalur kereta mana dan keberangkatan jam berapa yang harus kita tumpangi agar sampai ke destinasi yang kita inginkan.

Keren betul bukan?

2. The theme park apps

Buat yang menjadikan Tokyo Disney Resort sebagai tujuan utama saat ke Jepang, kalian mesti install TDR Wait Time. Melalui aplikasi ini, kita bisa tau waktu tunggu dari semua wahana yang ada di Tokyo Disneyland maupun Tokyo DisneySea. Kita jadi bisa ngatur waktu lebih efisien dengan menentukan wahana mana yang mesti diduluin, dan wahana mana yang bisa belakangan, berdasarkan waktu tunggunya.

Hebatnya lagi, kita bisa tau fast pass wahana mana yang udah abis. Fast pass adalah semacam tiket yang memungkinkan kita untuk mendapatkan tatapan membunuh dari orang-orang yang sedang mengantri di antrian regular dari sebuah wahana. Itu karena dengan fast pass, kita bisa mengantri di jalur yang berbeda, yakni jalur antrian khusus fast pass yang dibuka per durasi jam.

Misalkan, kita ambil fast pass wahana Tower of Terror pukul 1 siang. Lalu tiket fast pass menunjukkan pukul 4-5 sore. Itu artinya, kita baru bisa masuk jalur antrian fast pass Tower of Terror mulai pukul 4 sore, dan paling lambat pukul 5 sore. Kalo lebih dari itu, kita mesti ambil fast pass lagi.

fast pass

Tentunya tiap durasi jam ada batasan jumlah pengunjung biar ga membludak. Dan itu artinya, fast pass dalam sehari bisa sold out alias habis. Makanya, jangan sampai kelupaan menyusun prioritas dan mengatur waktu kalo pengen menikmati mayoritas wahana di Tokyo Disney Resort.

Detail mengenai fast pass Tokyo Disney Resort, bisa kalian baca di postingan blog Sarah yang ini dan ini ya.

3. The time killer apps

Menunggu ga pernah menyenangkan. Entah itu menunggu sampai tujuan saat di kereta, atau menunggu dalam antrian untuk naik wahana favorit.

Aplikasi yang bisa membunuh waktu jadi sangat penting di momen-momen kayak di atas tadi. Biasanya gua akan bermain games, entah itu games yang mandiri tanpa koneksi, ataupun games yang harus terhubung dengan internet. Pilihan games yang gua mainkan bermacam-macam, mulai dari yang puzzle game kayak Escape Rooms, sampai yang imut nan menggemaskan kayak Disney Tsum Tsum.

Pun bosen dengan yang ada, gua tinggal download games baru, atau aplikasi yang lagi trending di Google Play. Ga mesti khawatir dengan ukuran aplikasinya, karena sebesar apapun bisa terunduh dengan kilat berkat signal kuat sang pocket wifi.

Perjalanan panjang jadi ga membosankan, antrian wahana pun ga terasa seperti neraka.

4. The money manager apps

Sebagai turis yang membawa uang terbatas, gua mesti pinter-pinter mencatat pengeluaran per harinya. Gimana caranya agar gua ga hedon di hari-hari awal, dan makan pasir di hari berikutnya. Semua harus diatur sedemikian rupa agar gua pulang ke Indonesia tanpa malnutrisi.

Untuk itu, gua punya aplikasi Monefy, yang bisa membantu gua mencatat pengeluaran setiap harinya. Currency-nya bisa diatur langsung ke JPY atau mata uang negara manapun. Pengeluaran juga dibagi per kategori. Jadi per harinya kita bisa menganalisa sektor mana yang mengharuskan kita merogoh kocek paling dalam.

Dengan data historis ini, gua juga jadi menganalisa untuk perjalanan berikutnya. Berapa budget yang harus dibawa dan pengeluaran apa aja yang sebetulnya masih bisa dikurangi.

5. The hotel booking apps

Kalo kepepet, smartphone bisa jadi travel agent dadakan yang siap membantu kita 24 jam. Kalo kita kelupaan booking hotel, tinggal memainkan jari di aplikasi kayak Agoda, atau AirBnb bisa menyelamatkan mood perjalanan kita.

Seperti yang sempat gua alami di beberapa hari terakhir Japaneymoon. Karena kesalahan pendebitan kartu kredit, kamar yang gua pesan sebelumnya dinyatakan hangus. Terpaksa, gua harus mencari kamar tambahan secara mendadak. Untungnya, aplikasi di smartphone jadi penyelamat. Tinggal klik sana-sini, akhirnya kami dapat kamar baru, yang asiknya, lebih bagus dari kamar yang dinyatakan hangus.

Oiya, setiap apps hotel booking ada gimmick-nya masing-masing. Misalnya apps HotelQuickly yang memungkinkan kita untuk mendapatkan harga miring dengan mem-booking kamar last minute. Atau Travelio yang membuat pengalaman mem-booking kamar serasa di pasar karena bisa nawar dari harga yang di-publish. Tinggal pilih aja deh!

6. The humble brag apps

Apalah arti jalan-jalan tanpa update status di dunia maya?

Pastikan smartphone kalian penuh akan berbagai apps social media, khususnya yang bisa posting gambar, kayak Instagram, Path, atau Twitter. Buatlah dengki teman-teman kantor yang masih tenggelam di rutinitas harian. Mengeluhlah dengan elegan sambil menunjukkan betapa lelahnya bersenang-senang di negara orang.

Lalu pulanglah seraya menghindari sambitan rakyat jelata yang belum mampu jalan-jalan.

Nah itu tadi beberapa aplikasi atau apps di smartphone yang kayaknya sih kudu di-install kalo lagi mau traveling, khususnya ketika traveling ke Jepang. Semoga informasi di atas bisa berguna buat kalian yang sedang merencanakan liburan ke negri Sakura ini.

Kalo kalian sendiri ada apps favorit yang sering dipake saat berkelana ke negara orang ga? Share yuk di kolom comment. Ditunggu ya!

end blog post JP

Advertisements

Tagged: , , , , , , , , , , , , , , , ,

8 thoughts on “Aplikasi Penting Saat Traveling ke Jepang

  1. ganganjanuar March 18, 2016 at 13:32 Reply

    Pemilihan kata buat nomor 6 kok bikin bacanya jadi deg2an ya :D

  2. sarah puspita April 1, 2016 at 17:23 Reply

    Di bookmark dulu boleh kaliii, buat kalo balik ke sana lagi :>

  3. aisyah April 17, 2016 at 14:48 Reply

    tak simpan dulu boleh yaa,
    point no 3, yang menunggu itu nyesek bngt, apalagi menunggu saat diterima pasangan, ahaaai

  4. neng etta May 9, 2016 at 13:18 Reply

    *sambit*

  5. Si Kadi Biru April 20, 2017 at 09:20 Reply

    Mantap, doain biar cepet ke jepang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: