Pesan Lewat OTA Lebih Untung?

Belakangan ini, banyak banget aplikasi yang biasa kita gunakan di ponsel. Tujuannya ya untuk semakin memudahkan kita untuk melakukan apa pun. Iya, apa pun. Kita bisa pesan driver kendaraan secara online, pesan makanan, kirim barang, atau laundry. Sebagai pelancong gadungan, ada dua aplikasi yang rutin gua cek setiap minggunya: tiket pesawat dan sewa hotel melalui OTA (Online Travel Agent).

Coba aja dicek, ada berapa banyak aplikasi sewa hotel yang ada di ponsel lu? Banyak aplikasi sewa hotel bisa kita temukan di Google Playstore (untuk pengguna Android). Makin hari makin banyak aplikasi sewa hotel dengan berbagai gimmick serta keuntungan untuk kita.

Meski begitu, ternyata masih lumayan banyak yang belum mau pesan hotel secara online. Alasannya macem-macem, mulai dari males, ribet, ga ngerti, bingung, atau ada perasaan takut dikibulin. Padahal ada banyak banget keuntungan kalau kita pesan hotel melalui OTA. Kalo kata gua mah, mesti nyoba dulu sekali. Lagian, yang kayak gua bilang di atas, pesan kamar melalui OTA itu lebih menguntungkan.

Nah, di postingan kali ini gua mau jabarin lima alasan kenapa pesan kamar via OTA itu enak. Dan seperti yang biasa gua bilang kalo bikin postingan model begini, semoga postingan ini berguna bagi nusa dan bangsa.

Here we go.

1. Praktis dan Hemat Waktu

Dengan pesan lewat OTA, kita mengehemat waktu cukup banyak. Mencari hotel lewat OTA bisa dilakukan di mana dan kapan aja. Kita bisa browsing sambil makan, bebenah, atau ngupil. Meski dapat membuat layar lengket, browsing hotel via OTA sambil ngupil dipercaya dapat membuat sistem pernapasan lebih lega.

Anyway,

Hal ini beda sama pesan langsung kan? Kalo pesan langsung, kita mesti datang ke hotelnya satu-satu. Udah makan waktu untuk ke sana, keluar uang untuk bayar kendaraan, lalu saat pesan, kadang hotel ga selalu kosong yang akhirnya bikin kita harus cari tempat penginapan lain.

Kalo gitu kan mendingan pesan lewat OTA. Ya ga sih? Praktis. Hemat waktu. Hemat uang juga.

2. Melalui OTA, Banyak Pilihan Beragam.

Selain hemat waktu, tenaga dan ongkos, kita juga bisa cek berbagai jenis hotel yang letaknya di lokasi yang kita pengen secara bersamaan. Sekali browsing, ketemu deh semua nama-nama hotelnya. Hotel ini harga segitu, hotel anu fasilitasnya begitu. Jadi bisa disesuaikan dengan selera dan kantong.

Pilihannya jadi ga cuma satu, tapi banyak. Dan makin banyak pilihan, makin enak kan? Jadi, kita bisa pilih yang paling pas buat kita.

3. Lakukan Perbandingan Melalui OTA.

Manusia itu banyak maunya. Mau pacar cantik, baik hati, kaya, serta rajin membantu ibu. Begitu pun saat milih penginapan. Pengennya penginapan yang nyaman tapi harga terjangkau. Nah, pesan hotel melalui OTA memudahkan kita untuk melakukan perbandingan harga.

Tinggal buka aplikasinya, cari berdasarkan letak kota atau bisa juga cari dari harga termurah. Scroll aja semua daftar yang ada, lalu cek mana yang paling terjangkau sama kantong kita.

Semakin dicari, makin menemukan banyak lagi referensi yang murah. Kalau ga suka? Ya tinggal scroll lagi ke atas dan pilih yang menurutmu pas di kantong.

4. Banyak Promo di OTA.

Sebagai jemaat kelas menengah, kata “promo” udah pasti menggiurkan. Beberapa aplikasi OTA sering menyediakan promo khusus, diskon, atau bonus ini-itu yang bisa kita nikmati saat pesan hotel melalui aplikasi.

Udah bisa milih, bisa cari yang paling murah, dapat promo juga lagi. Kurang apalagi coba? Ini jadi salah satu keistimewaan yang ga bisa kita dapatkan saat pesan hotel secara langsung. Siapa sih yang ga mau harga diskon?

5. Baca Review!

Kalau lu datang ke satu hotel, paling yang bisa ditemukan adalah sejumlah informasi dalam brosur yang disediakan di depan meja resepsionis. Kadang-kadang, kamu ke sana pun atas referensi subjektif oleh satu dua orang.

Kalo melalui OTA, kita dapat menemukan sejumlah review yang dapat dibaca untuk membantu meyakinkan kita. Apakah hotel tersebut bagus atau malah berhantu? Apa fasilitas dan harganya udah cocok dengan kebutuhan kita atau belum?

Walaupun review yang ditemukan tentu aja subjektif, tetapi dengan baca banyak ulasan akan semakin jelas keliatan keunggulan tiap hotel. Selain itu, kita juga bisa ancang-ancang kalau ada sesuatu yang ga kita inginkan. Misalnya, kita udah oke dengan satu hotel, eh di reviewnya bilang ga ada kolam renang. Udah oke sama harganya, eh banyak yang bilang kalo di sana kamarnya berhantu. Udah cocok sama harga dan fasilitasnya, eh di sana ada hantu yang berenang. Combo.

Dengan review, kita jadi tahu dan menyiapkan ekspektasi. Jadi ga akan kecewa saat datang. Betul kan?

Well, itu tadi lima alasan mengenai keuntungan pesan hotel melalui OTA. Mau pesan di OTA mana? Yang mana saja, semuanya bagus. Pilihlah yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan lu. Bahkan kalau punya banyak memori di ponsel, unduh saja beberapa OTA dan kamu bisa cek satu-satu untuk menemukan yang paling pas buat lu.

Keuntungan lain? Masih ada banyak! Tapi semoga lima alasan tersebut udah dapat menggoyahkan keyakinan lu pesan hotel secara langsung dan beralih pakai OTA.

Salam OTA.

Advertisements

Tagged: , , ,

5 thoughts on “Pesan Lewat OTA Lebih Untung?

  1. mysukmana September 28, 2016 at 11:57 Reply

    ini lombakah kak..heheh

  2. ketikyoga October 1, 2016 at 00:24 Reply

    Ini tae banget dah, “Udah oke sama harganya, eh banyak yang bilang kalo di sana kamarnya berhantu. Udah cocok sama harga dan fasilitasnya, eh di sana ada hantu yang berenang. Combo.”

    Paling males kalo dapet penginapan yang angker gitu. Mau ke WC aja rasanya pengin minta ditemenin. Wakakak! XD Udah kapoklah sewaktu nginep di vila berhantu. :’)

  3. papabackpacker October 4, 2016 at 06:09 Reply

    Andalan ku selama ini kalau OTA-an ya trvlk. Harganya agak lebih murah kalau pesen langsung soalnya, apalagi banyak promonya tuh hehehe. Sekarang lagi iseng-iseng cek boo king dot kom kok rasa-rasanya lebih murah dari trvlk nih harga di sana, tapi nggak perlu bayar dulu, beda sama trvlk yang harus bayar dulu. Jadi penasaran, tapi takut kalau nggak dapet kamar, kan bayarnya belakangan. Ada pengalaman OTA-an pakai boo king dot kom mas? Seaman trvlk nggak sih?
    Btw, gara-gara baca postingan ini jadi menginspirasi ku bikin ginian juga mas hehehe 😁😁😁

  4. explcode October 13, 2016 at 10:32 Reply

    tapi kadang ada OTA yang ga sesuai mas, pict nya bagus tapi pas pesen eh biasa-biasa aja. masih nyari OTA yang recomend
    kunjungi mas https://explcode.wordpress.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: