Tag Archives: Permias

Never Give Up

Saat ini Arin, seorang teman guah, sedang kuliah S2 di Ohio. Saat ini ia menjabat sebagai ketua Permias (Persatuan Mahasiswa Indonesia di Amerika Serikat). Kalo ga salah begitu kepanjangannya.

Belum lama ini, Arin mengirimkan sebuah email ke milis teman-teman kuliah kami. Begini isi emailnya.

NB: Maap kalo postingannya agak panjang, tapi bagus kok inti ceritanya.

arin - ohio

Cuma pengen sedikit berbagi.

Bingung mau berbagi sama siapa.

Akhir-akhir ini gw agak-agak sedih karena dengan inisiatif gw dan apa yang gw lakuin di permias selama hampir setahun ini. Niat gw mempromosikan Indonesia melalui kegiatan permias, baik budaya, orang, negara. Ada yang menganggap itu kurang baik, berlebihan lah, gak realistik.

Apa lagi kalo yg ngomong itu temen-teman terdekat, yang selama ini mau emang ngebantu gw di permias. Tapi karena kondisi akademis yg semakin menuntut kita untuk makin fokus sama kegiatan perkuliahan, pelan-pelan temen-temen yg tadinya selalu siap sedia membantu dalam acara permias mundur teratur.

Gw sempet seddiiihh banget karena ngerasa ga ada yg ngedukung.

Sampe orang-orang terdekat pun yg tadinya gw pikir bakalan ngedukung gw, pelan-pelan menjauh. Entah karena rutinitas kuliah yang semakin sibuk atau karena kelelahan untuk mengikuti semua kegiatan permias yang gw akui emank cukup menyita waktu, terutama kalo ga bisa bagi waktu.

Rasanya gak enaaak bangett, gw sampe pengen banget ngundurin diri dari permias dan ‘mengucilkan’ diri dan fokus sama kuliah (karna emank ini sebenernya tujuan utama gw disini).

Tapi mungkin gara-gara kejadian ini, gw bisa sedikit refleksi.
Kalo kita ga selalu ngedapetin apa yang kita mau.
Gak selamanya yang menurut kita baik, baik di mata orang lain.

Jadinya gw hanya bisa pasrah dan berharap niatan baik gw utk mengaktifkan permias diterima oleh siapapun yg bs ngerasain manfaatnya. Walopun gw ngerasa kalo permias didenger, yang bakalan ngerasa bangga adalah orang-orang Indonesia juga nantinya yang ada disini.

Tapi ternyata ga smua orang seNAIF gw (gw dibilang NAIF, memperjuangkan sesuatu yang GAK NYATA. Karena gw pengen bisa melakukan sesuatu utk negara gw, walopun kecil, walopun gak kerasa efeknya di negara gw sendiri, tapi melalui permias lah gw ngerasa gw bisa membuktikan eksistensi gw dan juga sekaligus mewakili nama indonesia di lingkungan Ohio University)

Alhamdulillah.
Hari ini, di tengah-tengah kesedihan yang gw rasain,
Gw ngerasain bahwa gw ga sendiri,
Dan apa yg gw lakuin selama ini di permias… kedengeran sampe di D.C.

Venna Prambors hari ini nelpon gw untuk wawancara mengenai kegiatan terakhir permias Ohio University untuk siaran VOA di Indonesia.

Gak pernah bakal nyangka bakalan ditelp sama penyiar radio… Prambors pula?

Walopun gw bener-bener seneeengg bangett, dan rasanya pengen banget membanggakan diri, tappiii… kebanggan yang gw rasain justru adalah bangga karena nama permias Ohio University didenger, dan ga hanya oleh kalangan temen-temen Indonesia di Amerika. Dan kemungkinan akan didenger sama temen-temen di Indonesia.

Untuk itu…
Gw mau bilang,
TERIMA KASIH
Terima kasih yang sebesar-besarnya.
Untuk selalu mengerti gw, dan selalu ada bwat gw.
Makasih yaa.

you all means a lot to me…
thanks guys.
wishing you all also the best for every path you take.
(andai gw bisa nulis kaya roy, mungkin gw bakalan nulis cerita ini sebagai buku untuk kenangan gw)

arin

Never give up. Karena Tuhan sayang orang-orang yang pantang menyerah.

Advertisements